Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Jaringan Gas Cirebon-Semarang Tahap Awal Mulai Dialirkan

Kompas.tv - 21 November 2023, 13:57 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS. TV - Dialirkannya gas bumi membuat pelaku usaha di kawasan industri dapat memanfaatkan untuk keperluan industri mereka. Jaringan pipa 7,7 kilometer ini diprediksi akan mampu menghemat biaya pemenuhan energi, serta dapat meningkatkan produktivitas dan daya saing industri.

Menurut rencana, aliran gas Cirebon-Semarang juga akan mengalir ke Kawasan Industri di Batang. Diharapkan penyaluran gas ini juga dapat dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat melalui jaringan gas kota.

“Pembangunan pipa ini untuk mengurangi biaya, harapannya di konsumen bisa lebih murah sehingga bisa menghidupkan industri yang dikirimkan,” ujar Tutuka, Dirjen Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM.

Pada tahap awal pengaktifan jaringan gas bumi Cisem tahap satu, ruas Semarang-Batang, ke Kawasan Industri Kendal, sudah ada 11 industri yang akan menggunakan dan 11 industri lain masih dalam proses. Setelah pengaliran gas ini di Kendal, gas dari aliran Cisem satu, juga akan mengalir ke Kawasan Industri Batang, usai diselesaikannya Stasiun Batang,pada akhir November 2023.

#jaringangas #cirebonsemarang #semarang



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x