Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Rasio Desa Berlistrik di Jateng-DIY Nyaris 100 Persen

Kompas.tv - 21 November 2023, 19:11 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - GM PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jateng DIY, M. Soffin Hadi mengatakan, RDB di Jateng-DIY sudah mencapai 99,8 persen sehingga hanya tersisa dusun dan sejumlah rumah warga yang berada di tengah hutan. Sejumlah daerah yang masih belum 100 persen teraliri listrik PLN antara lain yakni Wonosobo, Kebumen, Pekalongan.

Diungkapkan, salah satu kendala pengadalan jaringan listrik di sejumlah daerah ini karena perizinan jika melintasi hutan lindung. Sebab menurut undang-undang hutan lindung tidak boleh dilintasi oleh jaringan listrik. Namun pihaknya terus berusaha berkoordinasi dengan pihak terkait agar tahun ini atau tahun depan bisa mengaliri sejumlah wilayah terpencil tersebut.

Dijelaskan, pelanggan PLN di Wilayah Jateng sendiri mencapai sekitar 13 juta, dimana 10 persen diantaranya merupakan industri.

“Rasio listrik di Jawa Tengah dan Yogyakarta itu 99,8 persen sudah mendekati 100 persen, yang tertinggal adalah tinggal dusun dan masyarakat di tengah hutan yang perlahan akan kita aliri listrik,” jelas M. Soffin Hadi.

Penjualan listrik PLN Unit Induk Distribusi Jateng-DIY sendiri mencapai sekitar 23 ribu GWh (Gigawatt hour atau Gigawatt-jam) dengan pertumbuhan positif sekitar 1,07 persen perbulan.

#jaringanlistrik #pln #semarang




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x