Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Bersih-bersih Sungai Pepe, Cegah Banjir di Solo

Kompas.tv - 20 November 2023, 13:50 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SOLO, KOMPAS.TV - Aksi bersih-bersih Sungai, dilakukan di Jembatan Komplang, Kota Solo, Jawa Tengah. Tim gabungan dari Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo TNI, Polri, dan Pemerintah Kota Solo dibagi menjadi beberapa kelompok untuk melakukan pembersihan.

Sasarannya adalah sampah dan gulma yang menutup permukaan Sungai Pepe. Lokasi ini berjarak kurang dari satu kilometer dari titik pertemuan dengan Sungai Gajah Putih menuju Bendung Karet Tirtonadi. Sedangkan di Bendung Karet akan digunakan untuk wisata air.

“Kita naikan sampahnya karena di hilir teman-teman komunitas ingin menjadikannya tempat pariwisata sehingga bagaimana kita menstrategikan sampah-sampah di Jembatan Komplang ini bis akita bawa Keluar,” jelas Maryadi Utama, Kepala BBWS Bengawan Solo.

Pemerintah Kota Solo pun akan terus menggerakkan kegiatan sejenis di sepanjang aliran Sungai. Tujuannya untuk mencegah sampah berkumpul dan menyumbat aliran sungai sehingga menyebabkan banjir.

“Salah satu penyebabnya adanya sumbatan karena sampah dan gulma, di awal musim hujan ini diharapkan tamu yang tak diundang itu (banjir) bisa diminimalisir atau tidak ada,” ujar Gatot Sutanto, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Solo.

Sungai Pepe beberapa kali meluap dan menggenangi sejumlah perkampungan serta jalan nasional. Ini dikarenakan banyaknya sampah serta gulma yang menutupi aliran Sungai. Masyarakat diharapkan kesadarannya untuk sama-sama menjaga kebersihan dan kelestarian sungai untuk kebaikan bersama.

#bersihsungaipepe #cegahbanjir #solo



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x