Kompas TV regional berita daerah

Mahasiswa Hortikultura Raup Cuan dari Tanam Melon di Kampus

Kompas.tv - 20 November 2023, 11:21 WIB
Penulis : Kompastv Lampung

LAMPUNG, KOMPAS.TV - Yogi Prasetiyo  mahasiswa Prodi Hortikultura Politeknik Negeri Lampung (Polinela) setiap hari di masa perkuliahannya juga disibukan dengan membudidaya tanaman buah dan sayur di lahan lingkungan kampus.

Baca Juga: Berkarya Lestarikan Tari dan Musik Lampung

Kegiatan  ini merupakan tugas praktikum tanaman buah semusim yang ternyata bisa mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam memahami sistem pertanian yang baik dan benar.

Salah satu jenis tanaman yang dibudidayakan ialah buah melon yang ditanam di area indoor maupun outdoor menggunakan teknik hidroponik substrat. Disini, Yogi menanam beragam jenis melon diantaranya jenis merlin, alisha dan inthanon.

Butuh waktu 1 sampai 2 bulan untuk panen berbagai jenis melon yang hasilnya biasa dijual di supermarket dan juga media sosial seharga 20 hingga 40 ribu rupiah per-kilogramnya.

Yogi mengaku perawatan tanaman melon memang butuh keahlian khusus dan serius agar hasilnya dapat berbuah dengan maksimal.

Dengan tugas praktikum yang didapat, yogi berharap kedepan setelah lulus dari pendidikan perkuliahan, ia bisa mengembangkan budidaya tanaman buah melon dan jenis buah lainnya di kampung halaman dan dapat membuka lapangan pekerjaan untuk masyarakat.

#hortikultura #mahasiswa #polinela



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x