Kompas TV regional jawa timur

Inovasi Program di RSUD Bojonegoro, Fitri Munira Pitaloka Raih Penghargaan dari Gubernur Jatim

Kompas.tv - 18 November 2023, 16:41 WIB
inovasi-program-di-rsud-bojonegoro-fitri-munira-pitaloka-raih-penghargaan-dari-gubernur-jatim
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat memberikan piagam penghargaan kepada Fitri Munira Pitaloka (Sumber: Dok. Istimewa )
Penulis : KompasTV Surabaya

BOJONEGORO, KOMPAS.TV - Inovasi atau gebrakan untuk meningkatkan sistem komunikasi rujukan di Bojonegoro khususnya pasien yang rujuk di RSUD Sosodoro Djatikoesoemo itu mengantarkan dr Fitri Munira Pitaloka mendapatkan penghargaan sebagai tenaga kesehatan teladan I kategori tenaga dokter di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) tingkat provinsi Jawa Timur (Jatim) pada acara peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 59.

 

Penghargaan itu diberikan oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang berlokasi di lapangan tenis kompleks Royal Orchid Kota Batu.

 

Dr. Fitri Munira Pitaloka menceritakan, berawal dari pembuatan program inovasi “PRODUKTIF” (Program Rujukan Terpadu RSUD Dr. R. Sosodoro Djatikoesoemo terintegrasi dengan fasilitas kesehatan) yang saat itu pada bulan Maret 2022 sebagai solusi dari berbagai macam permasalahan kesehatan rujukan dari fasilitas kesehatan tingkat pertama maupun tingkat lanjut ke RSUD Dr. R. Sosodoro Djatikoesoemo sebagai RS rujukan tertinggi di Bojonegoro.

 

Dikatakan, saat itu dirinya gabung di RSUD Sosodoro Djatikoesoemo waktu covid melanda, yang pastinya banyak permasalahan, apalagi RSUD ini menjadi rujukan pasien dari semua Puskesmas hingga klinik di Bojonegoro.

 

“Dan itu banyak sekali permasalahan yang timbul, mulai dari kompetensI sistem komunikasi, fasilitas kesehatan, itu belum efektif dan efisien dan harus perlu di update,” ujar Dr. Fitri Munira Pitaloka yang juga lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya pada 2007 silam.

 

Mulai dari situlah, kata Dr Fitri Munira Pitaloka, saat dirinya masuk di pelayanan medis RSUD Sosodoro Djatikoesoemo Bojonegoro dan di IGD itu dibawahnya bidang pelayanan medis. Kemudian membuat inovasi atau gebrakan agar memudahkan dalam pelayanan untuk meningkatkan kelancaran sistem rujukan di Kabupaten Bojonegoro terutama di RSUD Sosodoro dan akhirnya membuat sistem dari hulu ke hilir.

 

“Saya membuat dengan cara sistem yang paling simpel yaitu melalui WhatsApp grub dengan secara detail,” katanya Kamis (16/11/2023) selepas mendapatkan penghargaan Dokter teladan tingkat Provinsi.

 

Untuk sistem kerjanya itu sangat simple, lanjutnya. Puskesmas melakukan pendataan pasien dan juga pengecekan lalu dikirim ke RSUD, sehingga ketika puskesmas atau klinik akan membawa pasien rujukan ke RSUD sosodoro, pihaknya bisa langsung tahu kondisi pasien. "Sehingga, ketika pasien dari puskesmas atau klinik itu dirujuk ke RSUD dr. Sosodoro Djatikoesoemo Bojonegoro, kami bisa langsung tahu kondisi pasien dan menanganinya secara cakap," jelas dokter berdomisili di Desa Kauman, Kecamatan/Kabupaten Bojonegoro ini.

 

Fitri melanjutkan, program PRODUKTIF itu memang berjalan lancar. Nyaris tak ada kendala. Itu tentu tak lepas dari support dari tenaga di fakses pertama, manajemen, serta Direktur RSUD dr. Sosodoro Djatikoesoemo Bojonegoro yakni dr. Ahmad Hernowo.

 

“Semoga dengan adanya penghargaan sebagai dokter teladan ini bisa menjadi semangat dalam penggabdian saya untuk masyarakat,” tandasnya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.