Kompas TV regional bali nusa tenggara

Beasiswa Indonesia Emas Daerah Diharapkan Mampu Menekan Kesenjangan Bidang Pendidikan di Klungkung

Kompas.tv - 18 November 2023, 08:12 WIB
beasiswa-indonesia-emas-daerah-diharapkan-mampu-menekan-kesenjangan-bidang-pendidikan-di-klungkung
Rapat koordinasi tindak lanjut beasiswa Indoneisa Emas Daerah melalui zoom meeting (Sumber: Kompas TV Dewata, Pemkab Klungkung)
Penulis : KompasTV Dewata

KLUNGKUNG, KOMPASTV - Plt Bupati Klungkung I Made Kasta yang juga selaku Koordinator Wilayah Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) mengikuti rapat koordinasi tindak lanjut beasiswa Indoneisa Emas Daerah melalui zoom meeting, bertempat di ruang zoom kantor Bupati Klungkung, kamis (16/11).

Dalam sambutannya Plt Bupati Klungkung I Made Kasta mengucapkan terima kasih atas terselenggaranya program-program APKASI khususnya bidang pendidikan yang telah berjalan sangat baik. Dalam kesempatan tersebut pihaknya juga mendapatkan amanat dari APKASI untuk menyampaikan salah satu program strategis bidang pendidikan yakni Program Beasiswa Indonesia Emas-Daerah (BIE-D) yang berkolaborasi dengan 21 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan program Beasiswa luar Negeri yang bekerjasama dengan Pemerintah Tiongkok, China dan Mesir. Adapun 21 PTN telah memberikan kesempatan dan kepercayaan bagi daerah untuk mengalokasikan kuota sebanyak lima ribu (5000) putra putri terbaik daerah untuk menempuh pendidikan tinggi di dalam negeri dan dua ratus (200) kuota beasisiwa luar negeri ke Tiongkok serta dua ratus (200) kuota ke Mesir.

“Untuk Kabupaten Klungkung jumlah kuota yang di peroleh sebanyak 50 orang, dan akan dilakukan seleksi melalui 2 jalur yakni jalur prestasi dan jalur mandiri guna menjaring putra putri terbaik di Kabupaten Klungkung untuk mendapatkan beasiswa tersebut”, tambah Plt Bupati I Made Kasta

(Sumber: Kompas TV Dewata, Pemkab Klungkung)

Dr. Himmatul Hasanah selaku Staf Ahli Apkasi Bidang Pendidikan menyampaikan sebagaimana diketahui bahwa negara Indonesia masih terdapat banyak permaslahan krusial terkait kesenjangan bidang pendidikan baik karena faktor sosial, ekonomi, maupun geografi yang mempengaruhi kualitas sumber daya manusia.  Data Dukcapil pada tahun 2022 menjelaskan dari 275 juta jiwa di Indonesia hanya 6,41 % yang mengenyam pendidikan tinggi, dengan rincian D3 sebanyak 1,28 %,  S1 sebanyak 4,39 %, S2 sebanyak 0,31 % dan S3 hanya sebanyak 0,02%.

Padahal proses pendidikan ini merupakan manifestasi pembangunan dalam membekali ketrampilan dasar SDM daerah untuk berkembang dan memberikan kontribusi dalam pembangunan Nasional. Program Beasiswa Indonesia Emas-Daerah baik dalam negeri maupun luar negeri ini diharapkan menjadi agenda jangka panjang menuju Indonesia Emas tahun 2045 untuk memperisapkan siswa siswi terbaik yang bersiap menjadi agent of change atau agen perubahan di Indonesia dan khususnya di daerah asal masing-masing siswa tersebut.

Dalam kegiatan zoom meeting tersebut juga turut hadir mendampingi Plt Bupati Klungkung I Made Kasta, Kadisdikpora I Ketut Sujana, Kabag Kesra Komang Widiasa Putra, dan Kabag Organisasi I Ketut Arie Gunawan.

 

 

#Beasiswa #indonesiaemas #klungkung



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x