Kompas TV regional berita daerah

Peduli Lingkungan BRI Bangun TPST dan Bank Sampah di Pekalongan

Kompas.tv - 17 November 2023, 15:04 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Persoalan sampah menjadi isu lingkungan serius di setiap negara seiring peningkatan aktivitas masyarakat kota yang tidak diimbangi dengan jumlah tempat pembuangan sampah yang memadai. BRI melalui program tanggung jawab sosial lingkungan (Corporate Social Responsibility/CSR) terus melakukan berbagai inisiatif dalam mengatasi persoalan sampah. Salah satunya melalui gerakan anti sampah “Yok Kita Gas” yaitu program pengelolaan sampah terpadu yang terintegrasi dengan program-program BRI lainnya. 

 

Bupati Pekalongan, Fadia Arafiq, meresmikan Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Pasar Kesesi, Kecamatan Kesesi, Kabupaten Pekalongan. Pasar Kesesi adalah salah satu dari lima pasar di seluruh Indonesia yang menerima dukungan dari CSR Bank BRI yaitu kegiatan Yok Kita Gas. TPST Pasar Kesesi ini pedagang pasar, dijadikan sebagai nasabah bank sampah TPST. Baik sampah organik maupun anorganik. Di TPST ini juga dilengkapi alat-alat pengurai sampah. Sampah sayuran yang terkumpul, dicacah oleh mesin, lalu dijadikan untuk makanan hewan pengurai. Hasil uraiannya kemudian dimanfaatkan untuk pupuk atau tambahan pakan ternak

 

TPST Pasar Kesesi telah dibekali dengan fasilitas penunjang yang lengkap seperti mesin pencacah, mesin press, gerobak, kendaraan roda 3, komputer dan tempat sampah. Hal ini diharapkan dapat membantu memaksimalkan kebersihan di Pasar Kesesi dan membawa manfaat untuk lingkungan sekitar.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x