Kompas TV regional berita daerah

Raih UHC 95 Persen Warga Batang Tercover BPJS Kesehatan

Kompas.tv - 17 November 2023, 15:02 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Tepat di Hari Kesehatan Nasional (HKN), Pemerintah Kabupaten Batang mendapat predikat Universal Health Coverage (UHC) atas komitmennya dalam memastikan setiap warga mendapat jaminan kesehatan. UHC merupakan komitmen Pemerintah Kabupaten Batang menyediakan layanan kesehatan gratis pada masyarakat. Dengan UHC, semua masyarakat yang tercover BPJS bisa menjalani layanan kesehatan secara gratis. Peringkat UHC Kabupaten Batang adalah 18 dari 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah. Deputi Direksi Wilayah Enam BPJS Kesehatan, Dwi Martiningsih, menyebut Kabupaten Batang menjadi kabupaten ke-19 di Provinsi Jawa Tengah yang berhasil meraih UHC. 

 

Prestasi ini sangat istimewa karena diumumkan dalam rangka peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-59 tahun 2023. Dwi menyebut, tingginya komitmen Pemerintah Kabupaten Batang dibuktikan dengan penambahan 1.620 peserta baru yang didaftarkan dalam program JKN pada bulan November 2023. Saat ini, total peserta JKN Kabupaten Batang menjadi 791.152 jiwa dari total penduduk sebanyak 828.576 jiwa.

 

Pencapaian UHC, kata dia, merupakan hasil kerja keras dan kolaborasi yang baik antara seluruh pemangku kepentingan dalam ekosistem JKN. Keistimewaan UHC yaitu bisa mempercepat menuju cakupan 98 persen di tahun 2024 sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN). Keistimewaannya adalah, wilayah yang sudah UHC adalah setiap peserta baru ber-KTP Batang, JKN-nya langsung aktif dan berlaku di wilayah manapun di Indonesia.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x