Kompas TV regional berita daerah
advertorial

Ombudsman RI Pantau Seleksi CPNS Kemenkumham Sumsel

Kompas.tv - 16 November 2023, 19:27 WIB
ombudsman-ri-pantau-seleksi-cpns-kemenkumham-sumsel
Ombudsman Perwakilan Sumsel mengamati tahap demi tahap alur pelaksanaan SKD CPNS di titik lokasi Rambang Semesta Ballroom Palembang. (Sumber: Humas Kanwil Kemenkumham Sumsel)
Penulis : KompasTV Palembang

PALEMBANG, KOMPAS.TV - Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Sumatera Selatan melakukan pemantauan proses pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) berbasis Computer Assisted Test (CAT) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) formasi Penjaga Tahanan di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan, Rabu (15/11/2023).

Kedatangan Ombudsman dipimpin langsung oleh Plt. Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumsel, Rahadian Vishnu Kumoro, dan didampingi oleh Asisten Pencegahan Maladministrasi, Rasmillah dan Asisten Penerimaan dan Verifikasi Laporan, Vidya Nirmala Sari.

Dalam kesempatan tersebut, Ombudsman Perwakilan Sumsel mengamati tahap demi tahap alur pelaksanaan SKD CPNS di titik lokasi Rambang Semesta Ballroom Palembang. Kegiatan ini merupakan tugas dan fungsi Ombudsman selaku lembaga negara yang berwenang mengawasi pelayanan publik agar proses Seleksi Nasional CPNS di seluruh instansi pusat dan daerah berjalan dengan baik.

“Pelaksanaan terpantau lancar dan tertib, kami cek sejauh ini sudah sesuai prosedur, persiapan panitia cukup matang, ada tadi terpantau peserta yang terlambat datang maka sesuai juknis sudah tidak bisa ikut tes lagi karena sistem sudah dikunci, tegas sesuai aturan dan prosedur sangat perlu untuk dilakukan,” ujar Rahadian.

Ombudsman menilai bahwa komunikasi antara Panitia Daerah CPNS Kemenkumham Sumsel dengan seluruh peserta berjalan baik, khususnya dengan peserta yang memiliki kebutuhan khusus, sedang hamil misalnya. Ombudsman melihat panitia memaksimalkan pelayanan untuk memberikan porsi yang lebih besar, mendahulukan fasilitas untuk ibu hamil dan melayani peserta dengan baik sesuai dengan kondisi yang dimiliki oleh peserta.

Menanggapi rekomendasi tersebut, Kepala Divisi Pemasyarakatan, Bambang Haryanto selaku Koordinator Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas kehadiran dan masukan dari Ombudsman. Ia mengungkapkan bahwa Kemenkumham Sumsel telah memberikan yang terbaik demi terlaksananya pelayanan prima yang bebas dari KKN.

Dijelaskan Bambang, pertanggal 15 November 2023 atau hari ke-7 SKD CPNS Kemenkumham Sumsel, sebanyak 7.984 peserta telah mengikuti SKD dari total 9.730 pelamar, dan 766 peserta dinyatakan gugur karena tidak hadir.



Sumber : Kompas TV Palembang

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.