Kompas TV regional jawa timur

Ternyata Ada 2 Pesawat TNI yang Jatuh di Pasuruan, Jenis Super Tucano

Kompas.tv - 16 November 2023, 14:03 WIB
ternyata-ada-2-pesawat-tni-yang-jatuh-di-pasuruan-jenis-super-tucano
Lokasi tempat jatuhnya pesawat TNI cukup jauh dari permukiman penduduk dan saat ini bangkai pesawat belum dievakuasi. (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Desy Afrianti

PASURUAN, KOMPAS.TV - Pesawat yang mengalami kecelakaan dan jatuh di kawasan Taman Nasional Bromo, Tengger, Semeru (TNBTS), Kamis (16/11/2023) dipastikan milik TNI AU.

Kepala Staf TNI Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, saat dihubungi di Jakarta, Kamis, membenarkan insiden jatuhnya dua pesawat TNI AU itu.

Kedua pesawat tempur taktis tersebut jenis EMB-314 Super Tucano dan jatuh di Desa Keduwung, Kecamatan Puspo, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, Kamis siang, diperkirakan sekitar pukul 12.00 WIB.

Baca Juga: Lokasi Jatuhnya Pesawat TNI AU di Pasuruan Jauh dari Permukiman Warga

"Betul (di Pasuruan, red.) dan ada dua (pesawat tempur)," kata Marsekal Fadjar dikutip Antara.

Saat ini, lanjut dia, pihak TNI AU masih menyelidiki peristiwa tersebut, termasuk soal kemungkinan adanya prajurit yang menjadi korban, penyebab jatuhnya pesawat, serta kronologi peristiwa.

Kedua pesawat yang jatuh itu masing-masing dengan nomor registrasi TT-3111 dan TT-3103.

Sebelumnya diberitakan  satu unit pesawat terjatuh di wilayah Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, Kamis (16/11/2023), tepatnya di kawasan lereng Gunung Bromo.

Awalnya diduga bahwa pesawat itu jatuh di Bukit Pranjakan, lereng Gunung Bromo, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Pasuruan, terkini diketahui jatuh di Desa Keduwung, Kecamatan Puspo.

Baca Juga: Lokasi Jatuhnya Pesawat TNI di Lereng Gunung Bromo Tak Terjangkau Kendaraan Roda Empat

Titik jatuhnya pesawat tersebut berada di perbatasan Pasuruan dan Probolinggo, Jawa Tengah, dan berada di tebing curam, dan biasanya daerah itu digunakan oleh warga untuk bercocok tanam.


Berdasarkan rekaman video yang diperoleh Kompas TV, pada pesawat tersebut terdapat tulisan berupa huruf dan angka, TT-3103.

Hingga kini jurnalis Kompas TV masih terus mengimpun informasi terkait pesawat jatuh tersebut.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x