Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Ibu dan 2 Anak Tipu Pemilik Warung Makan Ditangkap Polisi

Kompas.tv - 16 November 2023, 13:38 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

KULONPROGO, KOMPAS. TV - Ibu rumah tangga berinisial SM (64) beserta dua anaknya yakni DJA (36) dan SBA (27) akhirnya harus berurusan dengan polisi, setelah aksinya melakukan penipuan dan pencurian di sebuah warung makan di daerah Pengasih, Kulonprogo, Yogyakarta. Aksi komplotan ini terjadi pada akhir Oktober lalu.

Mereka beraksi dengan berpura-pura sebagai karyawan Pertamina, dan memesan 43 nasi bungkus untuk makan pekerja proyek. Pelaku kemudian meminjam uang kepada pemilik warung makan sebesar 500.000 rupiah, dengan alasan untuk membeli jajanan dan air mineral. Sementara pelaku juga berpura-pura sebagai sales rokok, dan menawarkan harga dibawah pasaran dengan tebusan uang Rp 2,5 juat.

Selanjutnya para pelaku kemudian pergi, dan kembali ke lokasi satu jam kemudian bermaksud mengambil pesanan. Saat korban lengah, salah satu pelaku kemudian mengambil ponsel milik korban yang berada diatas kulkas, dan langsung kabur dari lokasi kejadian.

Sadar menjadi korban penipuan dan pencurian, korban pun langsung melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Pengasih. Para pelaku berhasil ditangkap, di daerah Pemalang, Jawa Tengah.

“Pura-pura mengaku sebagai karyawan Pertamina yang kebetulan sedang mempunyai proyek. Para pelaku kemudian, datang di rumah korban,” ujar Kompol Simalugi, Kapolsek Pengasih.

Sementara pelaku mengaku nekat melancarkan aksinya tersebut karena kehabisan uang saat perjalanan dari Surabaya, untuk mencari pinjaman uang demi pengobatan suaminya yang sakit.

“Saya kepepet melakukan ini karena suami saya sakit. Saya tidak bisa jalan tetapi tetap mengobati suami saya,” tutur SM, tersangka.

Akibat aksinya ini, para pelaku dijerat pasal pencurian dan penipuan dengan ancaman maksimal 7 tahun penjara.

#ibuanakpenipu #pemilikwarung #kulonprogo



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x