Kompas TV regional jawa timur

Joki Tes CPNS di Surabaya Dijanjikan Imbalan hingga Rp30 Juta jika Loloskan Peserta, Kini Tertangkap

Kompas.tv - 15 November 2023, 17:11 WIB
joki-tes-cpns-di-surabaya-dijanjikan-imbalan-hingga-rp30-juta-jika-loloskan-peserta-kini-tertangkap
Panitia Daerah Kemenkumham Jatim menggagalkan aksi perjokian dalam Seleksi Kompetensi Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (SKD CPNS), Selasa (14/11/2023). (Sumber: Tribun Jatim)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Edy A. Putra

SURABAYA, KOMPAS.TV - Aksi pria berinisial IM yang menjadi joki tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2023, berhasil digagalkan petugas di Surabaya, Jawa Timur (Jatim), Selasa (14/11/2023).

Aksi joki tes SKD CPNS tersebut digagalkan oleh Panitia Daerah Kemenkumham Jatim saat hendak mengerjakan tes untuk AM, peserta SKD CPNS Kemenkumham untuk jabatan penjaga tahanan asal Jombang.

Kakanwil Kemenkumham Jatim Heni Yuwono mengatakan joki tes CPNS itu terungkap saat proses verifikasi berkas dan pelayanan PIN registrasi.

Baca Juga: Tangkap Joki Tes CPNS 2023, Kejati Lampung Sebut Adanya Kemungkinan Pelaku Lain

IM gagal masuk ke lokasi tes yang berada di Auditorium Politeknik Pelayaran Surabaya. Petugas mencurigai gelagat IM yang saat itu hendak memasuki pos pemeriksaan biometrik dan PIN registrasi.

“Sistem menunjukkan notifikasi bahwa data biometrik ‘mismatch’ (tidak cocok) dengan fisik asli yang bersangkutan,” kata Heni, Selasa.

Selain itu, foto pada KTP dan Kartu Peserta Ujian yang tampil pun berbeda dengan kondisi fisik IM. Pada foto, tampak ciri fisik yang gemuk, tetapi yang datang adalah sosok yang memiliki perawakan agak kurus.

IM pun ditangkap dan dimintai keterangan. Berdasarkan pengakuannya, IM dijanjikan imbalan sebesar Rp25-30 juta jika berhasil meloloskan AM dalam SKD CPNS.

Mahasiswa semester 7 Fakultas Teknik Lingkungan itu juga mengaku belum pernah bertemu dengan AM. Ia mendapatkan tawaran jadi joki tes CPNS dari temannya.

“Dari hasil pendalaman, kami menduga pelaku berjaringan karena punya banyak teman sesama joki,” terang Heni.

Selain itu, panitia mendapatkan informasi bahwa aksi IM ini bukan yang pertama kali. Sebelumnya, ia pernah beraksi sebagai joki tes CPNS di instansi lain.

Pihak panitia pun menyerahkan IM ke Polsek Gunung Anyar untuk diperiksa lebih lanjut. Heni menegaskan, segala bentuk kecurangan dalam seleksi CPNS 2023 tidak dapat ditoleransi.

Baca Juga: Lupa Passoword Akun SSCASN CPNS 2023? Jangan Khawatir, Begini Cara Mengatasinya

Sebelumnya, tim Pengamanan Sumber Daya Organisasi (PAM SDO) Intelijen Kejaksaan Tinggi Lampung bersama panitia CPNS, juga menangkap joki tes CPNS di Gedung Graha Achava Join, Bandar Lampung, Senin (13/11/2023).

Pelaku diserahkan ke Polda Lampung untuk pemeriksaan lebih lanjut.


 



Sumber : Tribun Jatim


BERITA LAINNYA



Close Ads x