Kompas TV regional jawa timur

Pemrov Jatim Gelar Apel Siap Siaga Bencana di Musim Hujan

Kompas.tv - 8 November 2023, 20:12 WIB
Penulis : KompasTV Malang

BATU, KOMPAS.TV - Pemprov Jatim menggelar apel siap siaga bencana menghadapi masuknya musim hujan dan kemungkinan terjadinya bencana hidrometeorologi.

Apel pasukan siap siaga bencana ini digelar Pemprov Jatim di Taman Wisata Selecta Kota Batu. Apel diikuti oleh Forkopimda Kota Batu, BPBD Jatim, BPBD Kota Batu serta masyarakat yang tergabung dalam kelompok relawan. 

Apel siap siaga bencana ini untuk menyiapkan sumber daya manusia serta kelengkapan dalam menghadapi masuknya musim hujan.

Meski sebagian wilayah masih belum turun hujan, namun kesiapsiagaan harus dilakukan. Dalam sambutannya, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan, bahwa apel siap siaga bencana harus dilakukan untuk mengukur dan mengetahui kesiapan dalam menghadapi bencana.

Memasuki musim hujan, Gubernur Jawa Timur ini juga mengingatkan masyarakat, terlebih kawasan yang terjadi Karhutla beberapa waktu lalu. Saat hujan intensitas tinggi, kemungkinan material sisa kebakaran akan terbawa arus air. Hal inilah yang menjadi kewaspadaan dalam musim hujan kali ini.

"Setelah terjadinya kebakaran hutan banyak sekali tersisa apakah bongkahan batu terbawa arus bersama tanah liat batu dan seterusnya," Kata Khofifah.

Dalam apel siap siaga bencana tersebut juga ditunjukkan simulasi penanganan bencana alam yang terjadi di tempat wisata. Mengingat Kota Batu sebagai jujugan wisatawan maka mitigasi bencana di tempat wisata juga menjadi hal yang penting.

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x