Kompas TV regional sulawesi

Toraja International Festival X 2023 Digelar

Kompas.tv - 8 November 2023, 15:48 WIB
Penulis : KompasTV Makassar

TORAJA, KOMPAS.TV - Toraja international festival atau tif ke 10 tahun 2023 kembali digelar di alun-alun Rantepao, Toraja Utara, Sulawesi Selatan. Kegiatan seni budaya tradisional Toraja Utara yang digelar setiap tahun in menarik wisatawan dari dalam dan luar negeri.

Toraja international festival untuk pertama kalinya digelar di alun-alun Rantepao, Toraja Utara, Sulawesi Selatan.  Kegiatan budaya ini merupakan tahun ke 10 digelar. Pembukaan diawali dengan menampilkan kesenian tradisional manganda dan musik pepe pepe baine.

Toraja international festival ke 10 merupakan ajang memperkenalkan budaya toraja utara ke dunia international.

Toraja international festival ini juga menghadirkan pelaku UMKM di lokasi kegiatan yang menampilkan berbagai produk kerajinan lokal seperti cinderamata dan juga kopi khas Toraja.

Bupati Toraja Utara, Yohanis Bassang, secara resmi membuka kegiatan tersebut yang ditandai dengan menabuh gendang secara bersama dengan staf ahli menteri pariwisata dan ekonomi kreatif bidang manajemen krisis, fajar hutomo.

Gelaran toraja international festival dilanjutkan dengan menampilkan berbagai kesenian tradisional yakni ma’ nganda, tomina dan didgerido. Alunan suling lembong dan pandan lalu serta ma’ dandan, dan trio karombi menjadi ciri khas budaya Toraja.

Yang paling memukau penonton adalah kesenian tradisional ma’ lambuk yang merupakan kesenian yang menggambarkan masyarakat toraja menumbuk padi setelah panen.

Diajang Toraja international festival hadir pula tarian api dari kabupaten Gowa yang membuat penonton terpukau.

Toraja international festival tahun ini masuk dalam event kharisma nusantara dengan memenuhi syarat sebagai event terbaik dari berbagai event di Indonesia.

#festivaltoraja

#alunaluntoraja

#torajainternationalfestival



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x