Kompas TV regional berita daerah

Dorong Perekonomian Warga Srikandi Ganjar Promosikan Tenun Khas Desa Towale

Kompas.tv - 7 November 2023, 19:39 WIB
Penulis : KompasTV Palu

DONGGALA, KOMPAS.TV - Sukarelawan Srikandi Dukung Ganjar menggelar pelatihan menenun kepada warga yang ada di Desa Towale, Kecamatan Banawa Tengah, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah. kegiatan ini bertujuan untuk mendorong peningkatan perekonomian warga.

Pelatihan ini bertujuan untuk melestarikan kekayaan kebudayaan yang ada kepada generasi penerus secara turun temurun. Selain itu, Srikandi Ganjar juga ingin membantu mempromosikan tenun khas Desa Towale agar lebih dikenal oleh masyarakat luas.

Harapannya, pangsa pasar salah satu produk kebanggaan negeri ini makin merebak guna mendorong penjualan yang berimbas pada peningkatan perekonomian warga.

Selain dikenal sebagai desa wisata, Desa Towale juga dikenal dengan julukan desa tenun. Tercatat Ada 176 perajin tenun yang bermukim di Desa Towale dan menjadikan profesi itu sebagai mata pencahariannya.

Hal itu yang kemudian membuat desa tersebut dinobatkan sebagai desa wisata yang memiliki perajin tenun terbanyak. Desa Towale menjadi salah satu dari 14 peserta Anugerah Desa Wisata Indonesia atau ADWI 2023 dan meraih penghargaan Museum Rekor Dunia-Indonesia.

Dengan demikian, masyarakat Desa Towale mempunyai suatu wadah dari pemerintah setempat untuk mengembangkan kepiawaian dalam menenun.

Selain itu sitti juga bilang, Pihaknya berharap dapat meningkatkan kreativitas dari setiap masyarakat desa yang telah dikunjungi oleh Srikandi Ganjar. Kegiatan itu pun diikuti oleh ratusan warga sekitar yang sangat antusias untuk terlibat dalam pelatihan menenun.

#SrikandiGanjar #TenunKhasDesaTowale #UMKM 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x