Kompas TV regional jawa timur

Harga Beras Masih Tinggi Beras, Warga Beralih ke Beras SPHP Bulog

Kompas.tv - 6 November 2023, 18:38 WIB
Penulis : KompasTV Malang

MALANG, KOMPAS.TV - Di tengah tingginya harga beras, beras SPHP milik Bulog menjadi pilihan warga, karena harganya lebih murah jika dibandingkan beras merk lain di pasaran.

Hingga kini kenaikan harga beras di pasaran masih belum ada tanda tanda akan turun. Saat ini harga beras berkisar antara Rp 13.500 hingga Rp 15.500 per kilogram.

Masih tingginya harga beras ini membuat masyarakat banyak beralih ke beras Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan atau SPHP. Beras SPHP yang dikeluarkan oleh bulog ini memiliki selisih harga lebih murah dibanding beras merek lain.

Untuk kemasan 5 kg beras SPHP ini dijual Rp 54.500, atau Rp 10.900 per kilogram. Harga ini lebih murah jika dibandingkan dengan beras merk lain. 

Wiji, salah satu pedagang menyebut, harga beras SPHP memang ada ada kenaikan karena sebelumnya harga beras SPHP Rp 47.250 namun harga tersebut masih terjangkau.

Karena selisih harga yang lebih murah, untuk kalangan menengah ke bawah beras sphp ini sangat diminati. Menurut Wiji, dalam sekali pengiriman, dirinya mendapatkan 100 sak beras SPHP dari Bulog, jumlah tersebut biasanya habis dalam waktu dua hingga tiga hari. Wiji pun membatasi pembelian kepada pelanggannya.

"Kalo untuk menengah ke bawah ya pilih beras SPHP, 100 sak ini biasanya 2 hari habis," Kata Wiji.

Tingginya permintaan beras sphp ini kerap kali membuat sebagian pembeli tidak kebagian. Meski permintaan tinggi, namun pedagang tidak bisa meminta tambahan stok beras SPHP dari Bulog.

Selain beras yang masih tinggi, harga gula juga ikut menyusul,  saat ini harga gula berkisar antara Rp 15.500 hingg Rp 16.00 perkilogram dari harga sebelumnya Rp 13.500 per kilogram.

 



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA


Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.