Kompas TV regional jabodetabek

Puan Maharani, Anies Baswedan, hingga Jusuf Kalla Hadiri Aksi Bela Palestina di Monas Jakarta

Kompas.tv - 5 November 2023, 08:43 WIB
puan-maharani-anies-baswedan-hingga-jusuf-kalla-hadiri-aksi-bela-palestina-di-monas-jakarta
Sejumlah tokoh terlihat menghadiri  Aksi Bela Palestina yang berlangsung di Monas, Jakarta Pusat, Minggu (5/11/2023). (Sumber: Tangkap Layar Kompas TV.)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV -  Sejumlah tokoh terlihat menghadiri  Aksi Bela Palestina yang berlangsung di Monas, Jakarta Pusat, Minggu (5/11/2023).

Dipantau dalam Breaking News Kompas TV, sejumlah tokoh yang hadir di antaranya Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Ketua DPR Puan Maharani.

Hadir pula Wakil Presiden ke-10 dan 11 RI Jusuf Kalla, mantan ketua umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Din Syamsuddin, Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid, Presiden PKS Ahmad Syaikhu.

Eks Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga turut berpartisipasi dalam aksi tersebut.

Anies tampak hadir dengan sang istri Fery Farhati.

Mereka juga didampingi oleh sang anak Mutiara Baswedan beserta sang suami Ali Saleh Alhuraiby.

Para tokoh yang hadir dalam Aksi Bela Palestina di Monas tersebut tampak kompak mengenakan kemeja berwarna putih beserta syal Palestina sebagai bentuk dukungan.

Baca Juga: Ada Aksi Damai Bela Palestina di Monas Jakarta, Catat Rekayasa Lalu Lintasnya

Seperti diketahui, kegiatan Aksi Bela Palestina dimulai pada pukul 06.00 WIB dari pintu barat daya Monas atau area Patung Kuda dengan jalan sehat menuju Monas, melalui pintu barat daya. 

Aksi yang diikuti banyak massa itu diawali dengan pembacaan Pembukaan UUD 1945 sebagai pernyataan tegas bangsa Indonesia menentang penjajahan Israel terhadap Palestina sekaligus dukungan kepada kemerdekaan Palestina.

Adapun Aksi tersebut adalah aksi bersama masyarakat Indonesia yang telah geram dan mengutuk agresi serta pendudukan Israel terhadap Bangsa Palestina.

Polisi Kerahkan 3.448 Personel Kawal Aksi Bela Palestina

Polda Metro Jaya mengerahkan 3.448 personel gabungan untuk mengawal Aksi Bela Palestina yang  digelar di kawasan Monas Jakarta Pusat pada Minggu (5/11) pagi.

Hal ini disampaikan Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko, Sabtu (4/11).

"Total personel gabungan untuk pengamanan aksi sebanyak 3.448 personel," ujarnya. 

Menurut penjelasannya,  personel gabungan itu terdiri dari unsur Polri, TNI dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta di antaranya Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan dan Pemadam Kebakaran.

"Dari Polri 2.774 personel meliputi Polda Metro Jaya dan Polres, lalu unsur TNI 500 personel, dan Pemda DKI sebanyak 98 personel," ucapnya.

Baca Juga: 5 Larangan dari MUI buat Peserta Aksi Damai Bela Palestina di Monas, Ada soal Atribut



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x