Kompas TV regional jabodetabek

Besok, MUI Gelar Aksi Akbar Bela Palestina di Monas, Polisi Siapkan Pengamanan

Kompas.tv - 4 November 2023, 16:35 WIB
besok-mui-gelar-aksi-akbar-bela-palestina-di-monas-polisi-siapkan-pengamanan
Siswa Lajnah Pendidikan dan Pengajaran (LPP) Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto mengikuti kegiatan Doa dan Air Mata Anak Indonesia untuk Anak Palestina yang digelar di seputaran Alun-Alun Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jumat (27/10/2023). (Sumber: Sumarwoto/Antara)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Bidang Dakwah dan Ukhuwah Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Cholil Nafis mengumumkan pihaknya menggelar Aksi Akbar Bela Palestina di Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat pada Minggu 5 November 2023 besok. 

Tidak hanya MUI, acara bela Palestina ini juga akan melibatkan partisipasi dari berbagai majelis dan kelompok lainnya. 

Menurut Cholil, tujuan dari aksi ini adalah untuk mendesak agar terjadi gencatan senjata dan mengupayakan penghentian serangan serta pembunuhan yang dilakukan oleh Israel terhadap warga Palestina. 

Selain itu, aksi ini juga merupakan upaya bersama dengan kelompok yang mengatasnamakan Aliansi Rakyat Indonesia untuk menciptakan perdamaian antara kedua negara tersebut.

"Kami membulatkan suara Indonesia untuk mengetuk pintu langit dan hati nurani manusia di seluruh dunia untuk keselamatan Palestina," ujar Cholil saat dihubungi, Sabtu (4/11/2023).

Ketua Majelis Ulama Indonesia Bidang Dakwah dan Ukhuwah Cholil Nafis mengingatkan masyarakat untuk tetap membayar pajak. (Sumber: Kompas.tv/Ant)

"Dan yang menjadi korban adalah anak anak, ibu-ibu serta orang tua. Ini kan rakyat sipil yang menjadi korban. Itu yang kita tuntut. Kedua, kami sebagai umat beragama itu sudah berdoa untuk keselamatan rakyat Palestina," kata Cholil dikutip dari Kompas.com.

Baca Juga: Prabowo Soal Palestina: RS TNI Siap Tampung Pasien dari Gaza Hingga Kirim Kapal RS

Cholil mengatakan, aksi ini juga sebagai tindak lanjut MUI yang sebelumnya menyuarakan di media soal harapan agar terjadi gencatan antara Israel dan Palestina.

"Kami sudah bersuara di media, tapi kita ingin membulatkan suara rakyat Indonesia, menolak keganasan Israel. Lalu penghancuran fasilitas umum dan rumah ibadah secara membabi buta," kata Cholil. 


Sementara itu, Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Susatyo Purnomo Condro mengatakan, kepolisian siap mengamankan Aksi Bela Palestina yang diperkirakan akan dihadiri sekitar tiga ribu peserta.

"Intinya, jajaran pusat bersama Polda Metro Jaya siap untuk melaksanakan pengamanan melayani kegiatan besok," kata Kombes Susatyo kepada pewarta di Jakarta, Sabtu.

Terkait jumlah peserta aksi, Susatyo menyebut pihaknya masih mendalami.

"Masih kami dalami. Kalau kemarin itu sekitar dua ribu ke tiga ribu minggu lalu. Mungkin (besok) kurang lebih hampir sama," kata Susatyo dikutip dari Antara.

Pihaknya berharap agar aksi berjalan kondusif dan pesan-pesan aksi dapat diterima dengan baik oleh masyarakat.

"Kita berharap kegiatan besok bisa berjalan aman, tertib. Pesan-pesan yang disampaikan juga bisa diterima oleh masyarakat dan kami pastikan bahwa kegiatan dari sejak awal sampai akhir tidak terjadi masalah," kata dia.

Baca Juga: Polisi Siapkan Pengamanan Jelang Aksi Bela Palestina di Monas Besok

 

 



Sumber : Kompas TV/Kompas.com/Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x