Kompas TV regional jawa timur

Pasokan Berkurang Harga Cabai Semakin Melejit!

Kompas.tv - 2 November 2023, 20:22 WIB
Penulis : KompasTV Malang

MALANG, KOMPAS.TV - Karena kurangnya pasokan, harga cabai di Kota Malang semakin tinggi hingga mencapai Rp 80 ribu per kilogram.

Harga cabai rawit di pasar tradisional Kota Malang terus mengalami kenaikan. Saat ini rata-rata pedagang menjual cabai rawit di harga Rp 80 ribu perkilogram. Padahal sebelumnya harga cabai rawit berkisar antara Rp 30 ribu hingga Rp 40 ribu.

Kenaikan harga cabai yang cukup siginifikan ini terjadi dalam beberapa pekan. Menurut pedagang, kenaikan Rp 5.000 terus terjadi hingga saat ini menyentuh angka Rp 80 ribu perkilogram.

Nasir, salah satu pedagang di pasar tradisional Bunul menjelaskan bahwa, pasokan cabai yang didapat dari petani berkurang drastis. 

Hal inilah yang menyebabkan harga cabai melambung. Selain itu, kualitas cabai akhir akhir ini juga tidak begitu bagus. Kenaikan harga cabai ini juga berdampak pada daya beli masyarakat yang turun.

"Naik terus Rp 5.000 tiap hari, ga ada barangnya telat, faktornya karena cuaca panas, rusak dan mati," Kata Nasir.

Selain cabai, akibat kemarau panjang, harga sawi juga naik drastis. Sayuran yang biasanya Rp 15 ribu dan tertinggi Rp 20 ribu, kini naik menjadi Rp 40 ribu perikatan besar.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x