Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Kebakaran Merbabu Rusak Pipa Air, Warga Andalkan Bantuan

Kompas.tv - 1 November 2023, 13:23 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

BOYOLALI, KOMPAS.TV - Seperti inilah kondisi penggalan pipa saluran air bersih yang terbakar pada kebakaran hutan Gunung Merbabu di Desa Jlarem, Gladagsari, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Pipa saluran air bersih yang putus itu ditemukan petugas saat menyisir sisa bara api di Kawasan Hutan Gunung Merbabu.

Akibatnya, sebanyak 961 KK dari 18 dusun di dua desa mengalami krisis air bersih sejak akhir pekan lalu. Mereka terpaksa antre di bak penampungan air untuk bisa mendapatkan air bersih.

Menurut Warno, Ketua RT 07 RW 001 Dusun Mongrong, sepanjang 3.000 meter pipa air itu terbakar karena saat dipasang lima tahun lalu tidak bisa ditanam dalam tanah.

“Jumlah semuanya kan 5.000 meter atau 5 kilo, terus untuk yang terbakar diperkirakan ada 3.000 meter yang terputus,” jelas Warno.

Kepala Resort Ampel Balai Taman Nasional Gunung Merbabu, Ekowati Murwaningsih menjelaskan, dikarenakan besarnya kebakaran yang terjadi di kawasan ini menyebabkan pipa air terbakar sehingga tidak ada air yang mengalir ke warga sekitar.

“Jadi karena kebakarannya di dalam kawasan dan cukup besar ini mengakibatkan pipa air yang ada di dalam kawasan yang mengalirkan air dari sumber air di kawasan taman nasional ke warga itu menjadi terbakar, sehingga air yang mengalir ke warga mati,” ujar Ekowati.

#karhutlamerbabu #pipaterbakar #boyolali



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x