Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Rampung Dipugar, Menara Syahbandar Semarang Jadi Wisata Baru

Kompas.tv - 30 Oktober 2023, 14:15 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Bangunan cagar budaya Menara Syahbandar ini berlokasi di kawasan Kampung Sleko yang masih berada di kawasan Kota Lama Semarang, Jawa Tengah. Sebelumnya bangunan yang berusia ratusan tahun ini nampak rapuh dan muncul tumbuhan di atas bangunan. Namun, setelah dipugar kini Menara Syahbandar nampak terlihat kokoh dan indah. Pemugaran yang diprakarsai PT Perusahaan Gas Negara (PGN) ini sebagai upaya untuk pelestarian budaya dan peningkatan pariwisata di wilayah Kota Semarang.

Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu berharap, cagar budaya Menara Syahbandar akan menjadi destinasi baru di Kota Lama. Pemerintah Kota Semarang akan mempercantik kawasan tersebut dengan melengkapi fasilitas lainnya, seperti akses jalan, penerangan, jembatan penghubung kampung melayu dan fasilitas lainnya.

“Saya kan mengajak teman-teman dari dinas, ada Distaru, ada PU, dan Perkim, untuk nantinya bisa menata kembali terkait dengan kawasan yang khususnya disini,” ungkap Mbak Ita.

Direktur Utama PGN, Arief Setiawan Handoko mengatakan, Menara Syahbandar memiliki potensi besar menjadi satu ikon wisata sejarah Kota Semarang. Menara ini menjadi destinasi baru bagi wisatawan yang hendak melakukan perjalanan wisata heritage di kawasan Kota Lama Semarang.

“Akan ada multiplayer effect yang massif tentunya juga menjaga Kota Lama ini punya daerah wisata baru,” ujar Arief.

Bangunan Menara Syahbandar dibuat pada tahun 1850 dan telah berusia kurang lebih 171 tahun dengan luas sekitar 538 meter persegi. Pemugaran bangunan dilakukan sejak Desember 2022 dan selesai Oktober 2023 atau kurang lebih memakan waktu 10 bulan. Pemugaran ini mengacu pada UU RI Nomor 11 Tahun 2010, dan Perda Kota Semarang Nomor 2 Tahun 2020 sebagai bentuk konservasi cagar budaya.

#menarasyahbandar #kotalama #semarang



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x