Kompas TV regional berita daerah

Umat Hindu Peringati Hari Lahir Pura Agung Wana Kertha Jagatnatha

Kompas.tv - 30 Oktober 2023, 13:00 WIB
Penulis : KompasTV Palu

PALU, KOMPAS.TV - Umat Hindu di Kota Palu, Sulawesi Tengah, menggelar puncak Piodalan atau peringatan hari lahir Pura Agung Wana Kerta Jagat Natha. Pura ini merupakan pura tertua di Sulawesi Tengah dan menjadi kiblat umat Hindu di kota Palu.

Upacara yang juga dikenal dengan istilah Pujawali ini dilaksanakan setiap tahun sekali, sejak Pura terbesar di Sulteng ini diresmikan 39 tahun silam.

Pujawali digelar setiap Purnama Ke-5 dilakukan dalam rangka ulang tahun Pura Agung Wana Kerta Jagat Natha yang merupakan kiblat seluruh pura di Sulteng.

Pujawali  Pura Agung Wana Kerta Jagat Natha tahun ini, dimulai dengan pecaruan atau pembersihan agar wilayah Pura Agung Wana Kerta Jagat Natha kembali bersih dan suci.

Selain itu puncak perayaan Piodalan atau Pujawali seperti  Manjahan Banten merupakan bagian penting dari perayaan Piodalan. Ini mencakup prosesi persembahan Banten di masing-masing Pelinggih yang merupakan tempat ibadah kecil di dalam kompleks pura.

Kemudian ada Manjahan Banten Caru yang melibatkan persembahan banten di luar area tempat suci utama.

Selanjutnya pelaksanaan upacara ke Beji dengan menghias Daksina, Nawur Ida Batara hingga Melasti ke Beji, selain itu ada rangkaian pementasan tari sakral Rejeng Dewa dan lainnya.

Upacara Pelaksanaan Piodalan ini telah dimulai sejak 26 Oktober 2023, selanjutnya masih akan berlangsung dengan berbagai persembahyangan tahap I hingga tahap IV dan pelaksanaan Piodalan bakal berakhir pada 31 Oktober 2023.

#PuraAgungWanaKerthaJagatnatha #UpacaraAdat #UmatHindu 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x