Kompas TV regional berita daerah

Inspiratif, Mahasiswa Raup Puluhan Juta Rupiah dari Tanam Anggur

Kompas.tv - 30 Oktober 2023, 11:03 WIB
Penulis : Kompastv Lampung

LAMPUNG, KOMPAS.TV - Berawal dari lahan kosong tak terurus yang berlokasi di Jalan Dewi Sartika No 3 Gulak Galik, Teluk Betung, Bandar Lampung, Daffa Karunia seorang mahasiswa mampu menyulapnya menjadi tempat budidaya tanaman anggur.

Baca Juga: Harga Beras dan Gula Pasir Meroket

Sudah sejak satu tahun terakhir, lokasi yang dinamai taman anggur ini ia seriusi hingga mampu mendulang pundi-pundi rupiah setiap bulannya.

Bibit-bibit anggur disini didapat dari hasil impor yang kemudian distek batang untuk selanjutnya dijadikan bibit kembali. Sementara media tanam yang digunakan ialah sekam, kapur dolomit hingga pupuk kambing.

Setidaknya ada 30 varian anggur yang ditanam diantaranya shine musca, oscar, harold, heliodor dan gosvi.

Di tempat ini pengunjung yang datang bisa memetik langsung anggur yang akan dibeli dengan kisaran harga 80.000 hingga 150 ribu rupiah per-kilogramnya.

Tidak hanya menjual buah anggur hasil panen, Daffa Karunia juga menjual bibitnya.

Setiap pengunjung yang datang bisa berkonsultasi dan mendapat bimbingan dalam menanam anggur di pekarangan rumah hingga bisa berbuah.

Selain itu di taman anggur ini juga disediakan kafe sederhana yang dimana pengunjunya bisa menikmati suasana kebun anggur.

Setidaknya dari usaha penjualan anggur hingga pembibitan yang digeluti, Daffa Karunia mampu meraup omzet Rp40 juta setiap bulan dan bisa memberdayakan sejumlah warga.

#anggur #taman #mahasiswa



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x