Kompas TV regional berita daerah

Warga Desa Mekarsari Berharap Proses Sengketa Tanah Sampalan Segera Selesai

Kompas.tv - 27 Oktober 2023, 16:35 WIB
Penulis : KompasTV Sukabumi

SUKABUMI, KOMPAS.TV - Persoalan kasus sengketa tanah sampalan ini tak kunjung selesai sejak tahun 2019 silam. Tim kuasa hukum warga Desa Mekarsari, Kecamatan Sagaranten, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, melakukan banding di Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Jakarta yang akhirnya dikabulkan. Dengan ada putusan ini pihaknya akan berkordinasi dengan BPN Kabupaten Sukabumi, untuk dilakukan pencocok hasil dari putusan tersebut.

Sebelumnya juga persoalan ini adanya dua putusan yang ingkrah dimana Pengadilan Negri Cibadak mengeluarkan dua putusan. Yang pertama putusan pidana terkait dengan sertifikat yang menjadi objek sengketa itu dipalsukan dan sudah ingkrah. Tetapi disisi lain ada putusan perdata yang menyatakan sertifikat-sertifikat ini sah demi hukum. Dengan hasil itu, tim kuasa hukum melakukan banding ke Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Jakarta. Dari hasil putusan itu ada enam sertifikat hak guna bangunan yang di batal atau tidak sah terhadap PT Kemilau Rejeki.

Dengan ada putusan dari Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Jakarta, warga berharap tanah sampalan yang menjadi sengketa ini segera dikembalikan kepada masyarakat.

 

Sahabat Kompas TV Sukabumi! Jangan lupa like, comment, dan subscribe channel YouTube Kompas TV Sukabumi, juga aktifkan lonceng notifikasi agar tidak ketinggalan update mengenai isu-isu terkini di Indonesia.

Jangan lewatkan live streaming Kompas TV 24 jam non stop di https://www.kompas.tv/live.

Sosial Media Kompas TV Sukabumi:
YouTube : https://www.youtube.com/c/KompasTVSukabumi/videos
Instagram : https://www.instagram.com/kompastvsukabumi
Facebook : https://www.facebook.com/redaksikompastvsukabumi
Twitter : @ktvsukabumi



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.