Kompas TV regional bali nusa tenggara

PT Riset Perkebunan Nusantara Dukung Program Akselerasi Swasembada Gula Nasional

Kompas.tv - 27 Oktober 2023, 14:04 WIB
pt-riset-perkebunan-nusantara-dukung-program-akselerasi-swasembada-gula-nasional
PT Riset Perkebunan Nusantara Dukung Program Akselerasi Swasembada Gula Nasional (Sumber: PTPN Group)
Penulis : KompasTV Pontianak

PASURUAN, KOMPAS.TV - PT RPN berperan dalam program Akselerasi Swasembada Gula Nasional dengan menyiapkan benih unggul tebu. Kegiatan ini didukung oleh Kementerian Pertanian melalui Dirjenbun. Produk gula yang dihasilkan dari salah salah satu unit kerja PT RPN ini berasal dari komoditas unggulan yaitu tebu. Gula merupakan bahan pangan yang krusial dalam sistem rantai produksi pangan. Dalam konteks ekonomi nasional, gula merupakan salah satu komoditas bahan pangan pokok strategis karena penting untuk memenuhi kebutuhan dan kalori bagi masyarakat Indonesia maupun industri makanan dan minuman.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menetapkan target untuk produksi dan swasembada gula di Indonesia. Target itu ditetapkan dalam Peraturan Presiden (Perpres) No 40/2023 tentang Percepatan Swasembada Gula Nasional dan Penyediaan Bioetanol Sebagai Bahan Bakar Nabati (Biofuel) yang berbunyi "Pencapaian swasembada gula untuk kebutuhan konsumsi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 1 ayat (2) diwujudkan paling lambat pada tahun 2028".

Baca Juga: Holding PTPN III (Persero) Terus Lakukan Inisiatif Strategis untuk Transformasi Berkelanjutan

Oleh sebab itu, Andi Nur Alam Syah selaku Dirjen Perkebunan melakukan upaya percepatan melalui sosialisasi, pertemuan, pembinaan, penguatan regulasi, kolaborasi dan kerja sama kepada seluruh stakeholder komoditas tebu. Kementerian Pertanian juga memiliki tugas dalam meningkatkan pembinaan, bimbingan teknis, dan pendampingan kepada petani tebu dalam rangka peningkatan produksi, produktivitas, dan mutu tebu giling yang berdaya saing. Serta meningkatkan akses pendanaan melalui lembaga keuangan kepada petani tebu.

PT Riset Perkebunan Nusantara bergerak di berbagai industri komoditas perkebunan. Pusat Penelitian Perkebunan Gula Indonesia (P3GI) merupakan salah satu unit kerja PT RPN dengan komoditas hasil tebu terbaik berupa benih unggul dan produk hilirisasinya.

Dalam mendukung akselesari program swasembada gula nasional ini, PT RPN melakukan Kerja Sama dengan PT Pabrik Gula Rajawali I, PT Pabrik Gula Rajawali II, dan Gabungan Produsen Gula Indonesia (GAPGINDO) yang diawali dengan penandatanganan MoU pada 18 Oktober 2023 yang berlokasi di Kantor P3GI Kota Pasuruan Jawa Timur. Kegiatan ini dihadiri dan disaksikan langsung oleh Direktorat Jenderal Perkebunan.

Baca Juga: Gula Putih Premium Subsidi PTPN Group Hadir di Pekan Raya Lampung (PRL) 2023

Direktur PT Riset Perkebunan Nusantara, Dr. Iman Yani Harahap pada sambutannya menyampaikan bahwa, PT RPN siap mendukung swasembada gula dengan menyediakan benih unggul bersertifikat melalui kultur jaringan yang merupakan salah satu faktor penting untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas hasil tebu serta produksi gula. Dalam kesempatan yang sama juga, Kepala Pusat Penelitian Perkebunan Gula Indonesia (P3GI) berharap dapat mewujudkan kerja sama dalam penguatan lembaga penelitian, penyedia benih, jasa pengawalan dan penelitian berdasarkan prinsip saling menguntungkan dan memperkuat upaya peningkatan produktivitas perkebunan tebu sehingga tercapainya swasembada gula nasional.

Direktorat Jenderal Perkebunan memberikan ruang, dukungan, serta fasilitas kepada PT Riset Perkebunan Gula Indonesia P3GI untuk bekerja sama dengan pelaku usaha yang bergerak pada produksi gula. Hal tersebut ditunjukkan secara nyata dengan melakukan kunjungan ke kantor P3GI, Pasuruan Jawa Timur.

Baca Juga: Sinergi PTPN IX dan Petani Perkuat Ketahanan Pangan Nasional

P3GI akan terus berkarya dan mempersiapkan diri dalam mewujudkan program swasembada gula. Kontribusi P3GI sudah diakui oleh pelaku Usaha Pergulaan Dunia.  Selain menjadi satu-satunya Pusat Penelitian Perkebunan Gula Indonesia di Indonesia juga merupakan Pusat Penelitian Gula Tertua di dunia. Negara-negara produsen besar gula dunia telah menempatkan R&D di garda terdepan bersama P3GI dalam mengawal kesuksesan usaha bisnis gulanya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x