Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Urban Farming di Lahan Masjid, Mbak Ita Panen Bawang di MAJT

Kompas.tv - 27 Oktober 2023, 11:22 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Pemerintah Kota Semarang bersama Dinas Pertanian dan Pengelola Masjid Agung Jawa Tengah Rabu (25/10/2023) sore, berhasil memanen bawang merah dengan kualitas baik di tengah kemarau panjang akibat dampak El Nino. Meski masih dalam tahap percobaan penanaman bawang merah di Lahan Kawasan Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT), yakni dengan lahan seluas 2.000 meter persegi mampu menghasilkan bawang merah yang melimpah.

Hal ini dilakukan sebagai bentuk upaya menjaga ketahanan pangan di Kota Semarang. Selain itu, juga menekan angka inflasi, mengingat komoditas hortikultura, seperti bawang merah, cabai, serta bahan pokok lainnya sering mengalami kenaikan harga.

Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu atau yang akrab disapa Mbak Ita, mengatakan, dengan satu hektare lahan saja mampu menghasilkan sekitar 15 ton bawang merah, maka jika masjid-masjid di wilayah Kota Semarang bisa memanfaatkan lahan tersebut dengan menanam bawang merah maka inflasi di Kota Semarang bisa dikendalikan.


“Karena biasanya satu hektare itu bawang merah dihasilkan itu hanya sekitar 9-10 ton per hektare, ternyata ini tadi dihitung, diubinkan itu ternyata satu hektare bisa sampai 14,6 ton ini berkat air doa,” ungkap Mbak Ita.


Oleh karena itu, Pemkot Semarang melalui dinas pertanian bakal memberikan bantuan untuk urban farming di masjid-masjid.

Mbak Ita berharap kegiatan ini bisa terus berlanjut sehingga bisa memunculkan mata pencaharian untuk masyarakat. Ke depannya Pemkot Semarang akan membangun toko tim pengendalian inflasi daerah (TPID) untuk memasarkan hasil urban farming.

Sementara itu, Dewan Pengawas Pengurus Pengelola MAJT, KH Ahmad Darodji mengapresiasi bantuan dan masukan dari Pemkot Semarang karena terkait pemanfaatan lahan yang ada.

“Ini yang memotivasi kita khususnya para pengurus masjid, tanah yang ada di sebelah masjid itu dimanfaatkan untuk ini, itu bisa jadi memakmurkan. Insya Allah pengentasan kita lebih cepat kemiskinan ini, insya Allah kalau sungguh-sungguh,”ujar KH Ahmad Darodji.

Ke depan KH Ahmad Darodji yang juga menjabat sebagai Ketua MUI ini juga akan mendorong masjid-masjid lainnya untuk melakukan urban farming pengendali inflasi.

#urbanfarming #mbakita #semarang



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x