Kompas TV regional jawa tengah dan diy

4 Tahun, Pemprov Jateng Selamatkan Kerugian Rp 8 Miliar Lebih

Kompas.tv - 26 Oktober 2023, 14:34 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Pada agenda tahunan Gelar Pengawasan Daerah atau Larwasda Provinsi Jawa Tengah tahun 2023 pada Rabu pagi (25/10/2023) di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Komplek Kantor Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Inspektorat Provinsi Jawa Tengah sebagai Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) menyampaikan kepada publik hasil kinerja pengawasan yang transparan untuk pelaksanaan tata kelola pemerintahan daerah yang baik.

APIP diharapkan dapat berperan sebagai mitra strategis yang membantu pimpinan dan jajaran manajemen dalam menyelesaikan berbagai masalah penyelenggaraan pemerintahan daerah yang responsif,transparan dan akuntabel.

Sekretaris Daerah Provinsi Jateng, Sumarno mengatakan, terkait masalah tindaklanjut dalam upaya perbaikan manajemen sudah ditindaklanjuti dengan baik.

“Ini sangat penting karena satu, masalah tindaklanjut ini kan sebenarnya kan upaya perbaikan manajemen jadi harus segera diselesaikan tadi sudah ditindaklanjuti. Alhamdulillah juga prosesnya cukup baik,” pungkas Sumarno.

Dalam Larwasda 2023 ini, Dhoni Widianto, Inspektur Provinsi Jawa Tengah, memaparkan data kerugian keuangan yang berhasil diselamatkan, hasil dari kerjasama antara APIP dan aparat penegak hukum (APH) adalah senilai Rp 8 miliar lebih. Angka tersebut adalah akumulasi dari 4 tahun terakhir, mulai dari tahun 2020 hingga 2023.

“Nilai total yang bisa diselamatkan itu senilai Rp 8.393.020.454 ini secara konsep informasi recovery asset atau asset recovery, artinya kita menyelamatkan uang itu,” ungkap Dhoni.

Sektor yang memberikan sumbangsih terbanyak dalam mencapai angka ini adalah sektor infrastruktur, atau dana pengembangan desa di berbagai wilayah di Jawa Tengah yang kelebihan dana, dan berhasil diselamatkan.

Acara ini diikuti oleh Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah, seluruh kepala perangkat daerah Provinsi Jawa Tengah, serta seluruh inspektur, sekretaris, kepala sub bagian evaluasi dan pelaporan atau analisis dan evaluasi pada Inspektorat Kabupaten Kota se-Jawa Tengah. Pada acara Larwasda 2023 ini juga diberikan penghargaan kepada perangkat daerah yang telah melaksanakan kinerja dengan baik sebagai simbol apresiasi.

#larwasda #apip #semarang



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x