Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Kemarau, Ular Piton Sepanjang 2,5 Meter Memangsa Ternak di Kulon Progo

Kompas.tv - 26 Oktober 2023, 18:32 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Ular jenis piton atau lebih dikenal sanca kembang sepanjang 2,5 meter dengan bobot sekitar 7 kilogram ini berhasil ditangkap usai memangsa ternak milik warga yang tersimpan di kandang.

Menurut Sabar, Warga yang curiga dengan suara gaduh di belakang rumah, dirinya langsung mendatangi kandang dan menemukan ayam miliknya sudah dimangsa ular. Bersama warga lainnya, ular piton tersebut akhirnya ditangkap

“Sekitar jam 06.00 pagi itu saya mendengar suara ayam gaduh, saya tengok. Kemudian saya melihat ada ular masuk ke dalam gorong-gorong, ternyata sudah makan ayam punya saya bersama anaknya itu ada 3 ikut hilang. Mungkin karena cuaca yang ekstrem panas terus mungkin ada kekurangan pangan, terus itu masuk ke rumah-rumah warga,” ujar Sabar.

Waluyo, seorang warga mengatakan, ular sepanjang 2,5 meter ini untuk sementara disimpan di kandang milik salah satu warga sebelum diserahkan ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Yogyakarta.

“Ternyata ular bersembunyi di dalam gorong-gorong, lalu inisiatif dari rekan-rekan kita mengamankan ular tersebut. Ular cukup besar kurang lebih 2,5 meter, kalau bobot sekitar 6 sampai 7 kg,” ungkap Waluyo.

Ular yang masuk ke permukiman warga ini biasa terjadi saat musim kemarau, dan diduga karena pasokan makanan dihutan yang menipis, satwa ini akhirnya mencari makanan disekitar rumah warga.

#ularpiton #bksda #yogyakarta



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x