Kompas TV regional berita daerah

Pelestarian Satwa Endemik Burung Maleo

Kompas.tv - 25 Oktober 2023, 15:34 WIB
Penulis : KompasTV Palu

BANGGAI, KOMPAS.TV - Burung Maleo menjadi salah satu satwa endemik Sulawesi Tengah dan terus dilestarikan. Salah satu tempat pelestariannya berada di Pusat Konservasi Maleo, Kecamatan Batui, Kabupaten Banggai Sulawesi Tengah.

24 ekor burung Maleo ditangkarkan di Pusat Konservasi Maleo Kecamatan Batui Kabupaten Banggai Sulawesi Tengah. Lokasi ini menjadi satu-satunya tempat penangkaran diluar habitatnya.

Donggi Senoro L-N-G bekerja sama dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sulawesi Tengah untuk membangun dan mengontrol tempat penangkaran burung endemik di Sulawesi Tengah ini.

External Communication Supervisor DSLNG, Rahmat Azis, bilang penangkaran Maleo di batui ini telah melepasliarkan lebih dari seratus ekor sejak tahun 2013.

Penangkaran Maleo ini pun bertujuan membantu pelestarian satwa endemik di Sulawesi Tengah Ini agar populasinya bertambah.

Di lokasi penangkaran ini, petugasnya menerima jika ada temuan telur dari warga untuk dibantu penetasan. Telur yang menetas kemudian dipelihara sampai dirasa cukup, kemudian dilepasliarkan ke habitatnya yang ada di Kabupaten Banggai.

#SatwaEndemik #BurungMaleo #BalaiKonservasiSumberDayaAlam 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x