Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Nguri-uri Wayang Orang di Kalangan Generasi Muda

Kompas.tv - 23 Oktober 2023, 17:07 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Festival Wayang Orang Nasional 2023 yang diselenggarakan selama 3 hari berturut-turut ini, menampilkan pertunjukan wayang orang dari berbagai daerah yang ada di Indonesia. Setidaknya ada 8 kelompok wayang orang yang hadir dan melakukan pertunjukan di Gedung Ki Narto Sabdo, Taman Budaya Raden Saleh (TBRS), Kota Semarang.

Pertunjukkan wayang orang ini menampilkan orang-orang yang berperan sebagai tokoh wayang. Semuanya diperagakan dengan mirip, mulai dari kostum, gerakan, suara, hingga penampilan sendra tari yang diiringi oleh musik karawitan. Meskipun merupakan pementasan kolosal, namun pertunjukan wayang orang ini mampu menarik minat para kaum muda untuk datang, karena pertunjukan yang ditampilkan terlihat meriah dan modern.

“Festival ini tentu tidak lepas dari pada keinginan Pemerintah Kota Semarang untuk nguri-uri budaya, kita paham bahwa kekuatan sebuah negara terutama kota apabila kebudayaan itu bisa tetap dipertahankan,” ungkap Iswar Aminuddin, Sekretaris Daerah Kota Semarang.

“Bagus dan bener-bener bisa untuk mempertahankan budaya Semarang sih. Seru sih apalagi tadi ada dagelan ya, ada adegan yang jatuh juga. Kita gak bosen dengerin ceritanya, enjoy,” ujar Sabrina dan Putri, penonton.

Festival Wayang Orang Nasional 2023 ini bertujuan menarik minat kaum muda agar bangga dengan kebudayaan asli Indonesia, utamanya wayang. Diharapkan dengan memperkenalkan beragam pertunjukan wayang orang ini, dapat menjadi ajang regenerasi agar kesenian tradisional ini tidak punah.

#festivalwayangorang2023 #budayaindonesia #semarang



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.