Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Berita Foto: Belajar Membatik dalam Acara "Gajah Mencanting" di Kawasan Malioboro

Kompas.tv - 23 Oktober 2023, 05:45 WIB
berita-foto-belajar-membatik-dalam-acara-gajah-mencanting-di-kawasan-malioboro
Sejumlah pembatik yang merupakan abdi dalem Keraton Yogyakarta, mencanting atau membuat proses awal batik di sejumlah titik di kawasan Malioboro, Yogyakarta, Minggu (22/1/2023). (Sumber: Kompas.TV/Kurniawan Eka Mulyana)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Edy A. Putra

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV – Sejumlah pembatik yang merupakan abdi dalem Keraton Yogyakarta, mencanting atau membuat proses awal batik di sejumlah titik di kawasan Malioboro, Yogyakarta, Minggu (22/10/2023).

Salah satu titik lokasi mencanting tersebut berada di kawaan Titik Nol Kilometer Yogyakarta, tepatnya di sebelah barat Monumen Serangan Umum 1 Maret.

Sejumlah pengunjung kawasan Malioboro yang melintas juga mencoba belajar menorehkan malam ke atas kain putih bergambar pola.

Kegiatan tersebut merupakan rangkaian kegiatan "Gajah Mencanting" yang termasuk bagian dari peringatan Hari Batik Nasional.

Baca Juga: Hari Batik Nasional, Bandara Sam Ratulangi Gelar Fashion Show Busana Batik

Kegiatan untuk memperingati Hari Batik Nasional tersebut diselenggarakan oleh Olifant School, sebuah sekolah yang berlokasi di Demangan Baru, Yogyakarta. Acara tersebut diisi dengan kegiatan membatik oleh seluruh siswa dari preschool hingga SMA.

Direktur Olifant School Deasy Andriani menyebut kegiatan ini berawal dari ide untuk melestarikan batik sebagai bagian dari kebanggaan budaya Indonesia.

Menurutnya, kegiatan "Gajah Mencanting" sangat istimewa, karena yang pertama kali dilaksanakan oleh sebuah sekolah.

“Jumlah pembatik hingga 800 orang, langsung di Keraton dengan pengajar khusus dari pembatik Keraton Ngayogyakarta,” jelasnya.

Baca Juga: Hari Batik Nasional, Warga Desa Wisata Batik Kliwonan Karnaval Pakai Batik

Selain mencanting di sejumlah titik, kegiatan itu juga dirangkaikan dengan karnaval siswa Olifant beserta orang tua dan guru.

“Pawai santai ini akan diikuti oleh seribu yang terdiri dari siswa, guru, dan orang tua, didukung oleh Keraton Ngayogyakarta serta Dinas Kebudayaan Pengelolaan Kawasan Cagar Budaya,” ujar Head of Creative & Program Development Olifant Mariana Hastuti.

Berikut foto-foto kegiatan mencanting dan karnaval dalam acara "Gajah Mencanting" untuk memperingati Hari Batik Nasional.

Sejumlah pengunjung kawasan Malioboro, Yogyakarta, belajar membatik di sekitar Titik Nol Kilometer Yogyakarta, Minggu (22/10/2023). (Sumber: Kompas.TV/Kurniawan Eka Mulyana)
Sejumlah pembatik yang merupakan abdi dalem Keraton Yogyakarta, mencanting atau membuat proses awal batik di sejumlah titik di kawasan Malioboro, Yogyakarta, Minggu (22/10/2023). (Sumber: Kompas.TV/Kurniawan Eka Mulyana)
Seorang siswa preschool Olifant bermain bersama ibunya sebelum mengikuti karnaval di kawasan Malioboro, Yogyakarta, Minggu (22/10/2023) malam. (Sumber: Kompas.TV/Kurniawan Eka Mulyana)
Seorang ibu berswafoto bersama anaknya sebelum mengikuti karnaval siswa di Kawasan Malioboro, Yogyakarta, Minggu (22/10/2023) malam. (Sumber: Kompas.TV/Kurniawan Eka Mulyana)
Seorang anak memotret ibunya yang memegang poster bertuliskan "Ga Batik Ga Asik", sebelum mengikuti karnaval siswa di Kawasan Malioboro, Yogyakarta, Minggu (22/10/2023) malam. (Sumber: Kompas.TV/Kurniawan Eka Mulyana)
Seorang siswa peserta karnaval yang berlangsung di Kawasan Malioboro, Yogyakarta, Minggu (22/10/2023) malam. (Sumber: Kompas.TV/Kurniawan Eka Mulyana)
Seorang anak menari sambil mengangkat tangannya saat karnaval siswa di kawasan Malioboro, Yogyakarta, Minggu (22/10/2023) malam. (Sumber: Kompas.TV/Kurniawan Eka Mulyana)

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x