Kompas TV regional banten

Kebakaran TPA Rawa Kucing Tangerang Belum Padam hingga Hari Kedua, BNPB Siapkan Helikopter

Kompas.tv - 22 Oktober 2023, 17:00 WIB
kebakaran-tpa-rawa-kucing-tangerang-belum-padam-hingga-hari-kedua-bnpb-siapkan-helikopter
Petugas pemadam kebakaran tengah berupaya menjinakkan kobaran api yang melahap TPA Rawa Kucing, Neglasari, Tangerang, Banten, pada Jumat (20/10/2023). (Sumber: Dokumentasi warga via Kompas.com)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Edy A. Putra

TANGERANG, KOMPAS.TV - Kebakaran di Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Rawa Kucing, Tangerang, Banten, dilaporkan masih berlangsung hingga hari kedua pada Minggu (22/10/2023).

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pun mengaku tengah mempersiapkan satu unit helikopter water bombing untuk memadamkan api.

Kebakaran TPA Rawa Kucing terjadi sejak Jumat (20/10) sekitar pukul 14.00 WIB. Petugas pun langsung bergerak untuk memadamkan api.

Baca Juga: Kebakaran Gunung Lawu Meluas, Sumber Air Warga dan Jalur Pendakian Ikut Terancam

Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari mengatakan pihaknya masih berkoordinasi dengan Perum Lembaga Penyelenggaraan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI) atau AirNav terkait penerjunan helikopter.

"Iya (pakai helikopter), tetapi kami masih berkoordinasi dengan AirNav untuk izin dan lain-lain," kata Abdul, Minggu, dikutip Kompas.com.

Kebakaran TPA Rawa Kucing sebelumnya sempat mengganggu operasional Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Lokasi kebakaran hanya berjarak sekitar 2,5 km dari bandara tersebut.

Senior Manager Branch Communication and Legal Bandara Soekarno-Hatta M. Holik Muardi menyampaikan, kendati penerbangan sempat terganggu, semua penerbangan sudah kembali normal per Sabtu (21/10) sore.

Asap dari kebakaran TPA Rawa Kucing sempat memasuki sisi utara Bandara Soekarno-Hatta pada Sabtu.

"Memang sempat terjadi delay dan divert pada Sabtu akibat kepulan asap, sehingga kami sempat melakukan operasional runway pada RWY 7L/25R hanya dipakai untuk landing dan RWY 07R/25L hanya dipakai take off," kata Holik.

"Namun, Sabtu sore dipastikan semua sudah kembali normal. Ketiga runway di Bandara Soekarno-Hatta sudah digunakan untuk take off dan landing," lanjutnya.

Baca Juga: Kebakaran di TPA Rawa Kucing Tangerang, Pengiriman Sampah dari 13 Kecamatan Tertunda!


 



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x