Kompas TV regional berita daerah

Pelatihan Akbar Nasabah Mekaar PNM, Dukung Perkembangan UMKM di Tegal

Kompas.tv - 20 Oktober 2023, 14:28 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Untuk mendukung perkembangan UMKM, nasabah Mekaar PT Permodalan Nasional Madani (PNM) menggelar pelatihan akbar. Pelatihan dengan tema “Nasabah Pada Naik Kelas: Wis Paham Teknologi Karo Pinter Ngatur Keuangan” ini dilaksanakan di Gedung Berdikari, Kota Tegal.

 

Kegiatan rutin ini bertujuan memberdayakan nasabah Mekaar melalui peningkatan skill berwirausaha. Kegiatan ini mendapat dukungan dari Komisi VI DPR RI dengan harapan keterampilan baru yang diberikan bisa menjadi bekal para pelaku UMKM untuk naik kelas dan bersaing hingga ke mancanegara.

 

Wakil Ketua Komisi VI DPR RI, Mohamad Hekal, hadir dalam kegiatan ini untuk menyemangati seluruh nasabah Mekaar di Tegal Raya. Menurutnya, PT PNM merupakan salah satu BUMN kebanggaan pemerintah karena turut andil mensejahterakan masyarakat kecil.

 

Pelatihan skala besar ini diikuti oleh ratusan nasabah Mekaar. Sementara itu, pelatihan skala kecil biasanya diikuti oleh 20 orang nasabah. Mereka diberi pengetahuan meliputi membangun jaringan atau relasi dan inovasi agar usaha mereka dapat berkembang.

 

Salah satu nasabah Mekaar PNM Cabang Tegal, Djamirah (50 tahun), mengaku bersyukur bisa mendapatkan pendampingan dari PT PNM. Saat ini, usahanya jauh lebih berkembang dari sebelumnya.

 

Dalam kegiatan ini, berbagai produk dan hasil karya kerajinan para pelaku UMKM dipamerkan. Produk kuliner yang dipamerkan di antaranya berbagai makanan khas untuk oleh-oleh seperti olahan ikan dan telur asin. Adapun hasil kerajinan tangan yang dipamerkan berupa anyaman bambu.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x