Kompas TV regional kalimantan

TMMD Ke-118 Desa Kalaan Buka Jalan 9.9 KM, Hubungkan 3 Desa Terisolir, Tim Wasev : Bantu Masyarakat

Kompas.tv - 19 Oktober 2023, 05:48 WIB

BANJAR, KOMPAS.TV - Brigjen TNI M. Jangkung Widyanto memimpin tim wawasan dan evaluasi, Wasev program TNI Manunggal Membangun Desa, TMMD ke-118 di Desa Kalaan, Kecamatan Aranio, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan.

Dalam tinjauannya, Waaster Kasad tersebut memastikan sasaran fisik utama TMMD yang dilaksanakan Kodim 1006/Banjar telah rampung 100 persen.

Yaitu pembukaan jalan sepanjang 9.9 kilometer.

Baca Juga: Puluhan Anak Ikuti Khitanan Massal oleh Korem 101/Antasari Peringati HUT Ke-78 TNI

Jalan ini diyakini sangat membantu masyarakat setempat karena menghubungkan 3 desa terisolir selain kalaan, yaitu Arta‘in, dan Benua Riam.

Sebab sebelumnya akses utama masyarakat adalah jalur air menggunakan perahu.

Damiri, seorang warga Kalaan mengaku biasanya lebih sering menggunakan perahu jika ingin ke desa tetangga yang memakan ongkos lebih mahal jika memakai sepeda motor.

"Sangat terbantu sekali karena ada jalan ini,  biasanya pakai perahu satu jam ke desa sebelah, habis bensin sampai 2 liter, tapi ini satu liter bolak-balik belum habis kalau naik sepeda motor sekitar setengah jam ke desa tetangga," ucap Damiri.

Tim wasev mengapresiasi kinerja Satgas TMMD termasuk sasaran tambahan yang semua bertujuan untuk menjadi solusi kesulitan rakyat.

"sesuai dengan arahan Komando atas untuk membantu kesulitan masyarakat, dengan adanya pembuatan jalan Desa Kalaan ini nantinya bisa membantu masyarakat untuk akses lebih mudah," terang Ketua Tim Wasev TMMD Ke-118, Brigjen TNI M. Jangkung Widyanto.

Baca Juga: Kompas TV Banjarmasin dan Kodim 1002/HST Raih 2 Juara Sekaligus di LKJ TMMD ke-116

TMMD di desa kalaan tidak hanya membantu masyarakat dengan membuka jalan, namun juga bedah rumah tidak layak huni, rehab masjid, MCK, pembangunan pos kamling dan fasilitas lain yang bermanfaat bagi warga setempat.

Pembangunan pun diharapkan akan dilanjutkan oleh Pemerintah Kabupaten Banjar untuk merampungkan tujuan tmmd yaitu memberikan keadilan sosial bagi desa terluar, terpencil dan terisolir.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x