Kompas TV regional jawa timur

Petugas Damkar Kota Malang Evakuasi Sarang Tawon di Rumah Warga

Kompas.tv - 18 Oktober 2023, 21:37 WIB
Penulis : KompasTV Malang

MALANG, KOMPAS.TV - Petugas pemadam kebakaran berhasil memindahkan sarang tawon yang berada di jemuran rumah warga. Sarang tawon ini diketahui setelah pemilik rumah hendak membersihkan bekas jemuran yang berada di lantai dua rumahnya.

Dinas pemadam kebakaran Kota Malang yang menerima laporan dari warga tentang keberadaan sarang tawon langsung mengirim tiga personil ke Jalan Kaliurang, Klojen, Kota Malang. Dengan menggunakan alat pelindung diri lengkap, sekitar 15 menit, petugas berhasil memasukkan sarang tawon ke dalam karung.

Yusron pemilik rumah mengaku, bahwa sarang tawon ini ditemukan saat dirinya hendak membersihkan jemuran di lantai dua rumahnya yang sudah lama tidak terpakai. ia pun kaget melihat sarang tawon berukuran besar berada di jemuran, karena takut, dirinya melaporkan ke petugas pemadam kebakaran Kota Malang.

"Ada rumah tawon besar, kaget baru tahu tadi pagi, posisinya di lantai dua teras tempat jemuran," Kata Yusron, Rabu (18/10/2023).

Sementara itu, Dimas petugas pemadam kebakaran mengaku evakuasi sarang tawon ini sempat mengalami kesulitan karena lokasinya yang sempit dan diatas atap rumah warga. Tawon yang membuat sarang di jemuran rumah warga ini diketahui tawon jenis vespa atau tawon ndas. Tawon jenis ini juga memiliki sengatan yang menyakitkan.

Ada evakuasi sarang tawon jenis tawon ndas atau nama ilmiahnya vespa affinis, ini termasuk salah satu yang sering ditangani oleh Damkar Kota Malang selain ular dan hewan piaraan," kata Dimas.

Petugas Damkar Kota Malang juga menambahkan, selain tugas utama mereka sebagai pemadaman kebakaran, laporan tentang keberadaan sarang tawon hingga ular yang masuk rumah warga cukup banyak dan petugas pun harus selalu siap.

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x