Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Pj Gubernur Jateng Siap Sukseskan Pemilu 2024

Kompas.tv - 18 Oktober 2023, 14:32 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SOLO, KOMPAS.TV - Penjabat Gubernur Jawa Tengah, Komjen Purnawirawan Nana Sudjana saat menghadiri Dialog Kebangsaan Sukses Pemilu 2024 Menuju Indonesia Maju di Solo, Jawa Tengah, menyampaikan beberapa hal penting untuk menyukseskan Pemilu diantaranya menjaga kondusifitas, penguatan toleransi dan mengawal proses demokratisasi. Dialog yang digelar menjelang Pemilu ini diharapkan bisa memberikan manfaat bagi masyarakat dalam mengikuti Pemilu. Selain itu juga sebagai sarana edukasi soal bahayanya menggunakan politik identitas hingga mencampur adukkan dengan agama.

“Kami sudah berkomitmen untuk melaksanakan, mengamankan, mengawal pelaksanaan Pemilu dan Pilkada ini berjalan dengan aman, tertib dan tentunya tujuan utama adalah sukses. Akan kami utamakan itu. Langkah-langkah yang sudah kami lakukan mulai dari perencanaan, persiapan dan pelaksanaan sudah kami lakukan. Alhamdulillah sampai saat ini situasi keamaan ini masih dalam situasi sangat kondusif,” tegas Komjen (Purn) Nana Sudjana.

Bagi pemangku kebijakan daerah, dialog ini berfungsi untuk memberikan persamaan persepsi. Mulai dari antisipasi hingga penanganan kejadian yang terkait Pemilu. Dikarenakan sejak 2014, Pemilu di Indonesia seolah meninggalkan potensi friksi yang bisa berujung perpecahan. Tentu pemerintah bisa mengambil sikap terkait dengan penanganan situasi.

Dialog Kebangsaan juga menjadi sarana edukasi politik positif bagi warga masyarakat. Dengan memahami esensi dari Pemilu diharapkan mampu terhindar dari konflik kepentingan yang kerap terjadi.

#pemilu2024 #nanasudjana #solo



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x