Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Berita Foto: Aktivitas Petani saat Musim Kemarau di Yogyakarta

Kompas.tv - 15 Oktober 2023, 15:10 WIB
berita-foto-aktivitas-petani-saat-musim-kemarau-di-yogyakarta
Seorang petani membajak sawah menggunakan dua ekor sapi di Balecatur, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Rabu (20/9/2023). (Sumber: Kompas.TV/Kurniawan Eka Mulyana)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Edy A. Putra

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV – Musim kemarau yang cukup panjang tidak terlalu memengaruhi kegiatan bercocok tanam sejumlah petani di Nyamplung, Desa Balecatur, Kecamatan Gamping, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Wagimin, salah seorang petani di daerah itu, menyebut dirinya tidak kesulitan mengairi sawah karena air Sungai Konteng yang berada tidak jauh dari sawahnya, tetap mengalir ketika musim kemarau seperti saat ini.

Ia mengaku kendala justru datang dari hewan pengerat seperti tikus dan burung-burung liar yang sering memakan padi.

“Kalau kekeringannya nggak, di sini air melimpah, mungkin karena dekat dengan Kali Konteng,” ucapnya, Minggu (15/10/2023).

“Tapi yang jadi masalah itu tikus dan burung.”

Meski tidak terkendala dalam mengairi sawahnya, Wagimin menyebut musim kemarau cukup memengaruhi hasil panen padi.

“Airnya memang banyak, tapi hasil panennya tidak bisa maksimal.”

Mengenai harga gabah, Wagimin membenarkan saat ini harga gabah sedang tinggi karena ada kenaikan.

Berikut foto-foto kegiatan beberapa petani di Nyamplung, Desa Balecatur, Kecamatan Gamping, Kabupaten Sleman.

Seorang petani membajak sawah secara tradisional dengan menggunakan dua sapi di Balecatur, Kecamatan Gamping, Kabupaten Sleman, Rabu (20/9/2023). (Sumber: Kompas.TV/Kurniawan Eka Mulyana)
Wagimin, seorang petani di Nyamplung, Balecatur, Kecamatan Gamping, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, meratakan lahan sawah sebelum ditanami padi, Minggu (15/10/2023). (Sumber: Kompas.TV/Kurniawan Eka Mulyana)
Sejumlah petani bersiap menanam padi di sawah yang terlekat di Nyamplung, Balecatur, Kecamatan Gamping, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Minggu (15/10/2023). (Sumber: Kompas.TV/Kurniawan Eka Mulyana)
Tiga petani perempuan menanam bibit padi, sementara seorang petani pria meratakan lahan yang akan ditanami di Nyamplung, Balecatur, Kecamatan Gamping, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Minggu (15/10/2023). (Sumber: Kompas.TV/Kurniawan Eka Mulyana)
Kereta api melintas di antara sawah warga di Nyamplung, Balecatur, Kecamatan Gamping, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Rabu (20/9/2023). (Sumber: Kompas.TV/Kurniawan Eka Mulyana)

 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x