Kompas TV regional berita daerah

Ekspedisi Jurnalis Megalith

Kompas.tv - 13 Oktober 2023, 19:44 WIB
Penulis : KompasTV Palu

POSO, KOMPAS.TV - 18 Jurnalis di sulawesi tengah melakukan ekspedisi Jurnalis megalith di kawasan megalith Lembah Bada, Kecamatan Lore Barat, Kabupaten Poso.

Ekspedisi jurnalis megalith ini bertepatan dengan pencanangan Sulawesi Tengah negeri 1000 megalith di kawasan Megalitik Palindo, Desa Kolori.

Ekspedisi ini mendokumentasikan beberapa tinggalan megalithikum yabg tersebar pada dua belas desa di Kecamatan Lore Barat atau Lembah Bada.

Tim ekspedisi jurnalis megalith ini akan melanjutkan perjalanan ke Lembah Napu dan Besoa meliputi  Kecamatan Lore Tengah, Lore Piore dan Lore Utara. 

Menurut kepala dinas kebudayaan sulawesi tengah andi kemal lembah, sebaran megalithi pada empat kawasan lembah yaitu Lembah Bada, Lembah Napu, Lembah Besoa dan Lindu.

Adapun jumlah megalith yang sudah terdata yaitu 186 tinggalan arkeologis, di Besoa sekitar 825 tinggalan arkeologis. Sedangkan di lembah napu ada 726 tinggalan arkeologis. 

Tinggalan-tinggalan arkeologis ini memiliki keunikan, ragam dan variasi megalithikum, inilah yang menjadi daya tarik bagi wisatawan maupun para peneliti atau arkeolog dari berbagai negara untuk berkunjung.

#Megalith #Ekspedisi #Jurnalis 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x