Kompas TV regional sulawesi

Para Pemulung Tetap Mengais Rejeki Walau Api Di TPA Sumompo Belum Padam

Kompas.tv - 13 Oktober 2023, 17:50 WIB
Penulis : KompasTV Manado

MANADO, KOMPAS.TV- Meski khawatir menghirup polusi udara akibat kebakaran TPA Sumompo yang tak kunjung padam sejak 11 hari yang lalu, Julin Tahulending dan kawan-kawan tetap berjibaku mencari segala barang sisa dan sampah yang masih dapat dijadikan sumber uang di area TPA Sumompo.

Asap putih sesekali masih mengeliling puncak TPA Sumompo yang masih terbakar hingga Kamis siang, sejak pertama kali kebakaran melanda area ini Minggu 1 Oktober yang lalu.

Hari kesebelas, kabut pekat jauh berkurang meski dari sejumlah titik kepulan asap putih sesekali masih membubung tinggi. Bara dalam tumpukan sampah yang menggunung belum padam.

Hembusan angin sesekali mencerahkan suasana, namun asap tak benar-benar menghilang.

Di siang yang terik, Julin Tahulending dan kawan-kawan pemulung lainnya tetap setia, menanti truk  membawa sampah untuk dibongkar dan dicari barang-barang bekas yang masih dapat dijual menjadi cuan.

Julin Tahulending  dan rekan-rekan  lainnya yang tinggal di sekitar TPA Sumompo memilih bertahan mencari barang bekas di TPA  meski mengaku tersiksa dan khawatir kesehatan mereka terganggu.

Tak ada pilihan lain, karena mereka mengandalkan pekerjaan  serabutan memulung sampah untuk memenuhi kebutuhan sehari – hari.

Yannemieke Singal Kompas tv Manado

SaksikanSiaranKompastv :

Chanel 46 UHF

Fb :Kompastv Manado

Yt :Kompastv Manado

Alamat Studio Kompastv Manado

Jl.Anugerah No.08 KelurahanWinangun

KecamatanMalalayang, Kota Manado

Sulawesi Utara



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x