Kompas TV regional papua maluku

Akses Jalan Penghubung Jadi Faktor Utama Belum Kembalinya Pengungsi Maybrat ke Rumah

Kompas.tv - 13 Oktober 2023, 17:15 WIB
Penulis : KompasTV Sorong

SORONG, KOMPAS.TV - Dalam kunjungan kerja ke Papua Barat Daya, Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian membahas terkait masalah pengungsi  di Kabupaten Maybrat yang hingga saat ini belum dipulangkan, bersama gubernur dan bupati, Jumat (13/10/2023).

Menurut Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, pengungsi yang belum kembali ke rumah akibat penyerangan Kelompok Kriminal Bersenjata 2021 lalu, harus didata kembali mengingat data antara pemerintah dan komnas ham  terkait jumlah pengungsi belum sinkron.

Selain itu perlu adanya koordinasi antara pemerintah dan pihak keamanan, yang memastikan bahwa daerah tersebut benar aman dari gangguan Kelompok Kriminal Bersenjata.

Sementara itu Bupati Kabupaten Maybrat,  Bernhard Rondonuwu mengakui ada tiga distrik yang belum dijangkau karena terkendala sejumlah akses, yang kemungkinannya di wilayah tersebut tempat berkumpulnya para pengungsi. Sehingga diharapkan tindak lanjut dari pemerintah pusat terhadap hal tersebut.

Ditargetkan hingga desember nanti pengungsi pada Wilayah Aifat Timur akan segera dipulangkan. Karena pemerintah Maybrat telah menganggarkan lewat APBD perubahan pembangunan jalan penghubung pada sejumlah distrik.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x