Kompas TV regional berita daerah

Intip Tapis Lampung Karya Warga Binaan di dalam Sel Tahanan

Kompas.tv - 13 Oktober 2023, 11:52 WIB
Penulis : Kompastv Lampung

LAMPUNG, KOMPAS.TV - Beginilah rutinitas sejumlah warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan Kalianda Kabupaten Lampung Selatan Lampung.

Baca Juga: Menolak Dimadu, Seorang Istri Dianiaya Suami

Setiap harinya warga binaan ini dilatih dan disibukan dalam membuat beragam kerajinan turunan tapis khas Lampung seperti selempang, kopiah, hingga pakaian.

Setidaknya ada 3 motif tapis yang sudah dikuasai warga binaan dari pelatihan yang diberikan oleh Dekranasda Lampung Selatan seperti lereng-lereng, gunung, bunga daun hingga pucuk rebung.

Warga binaan merasa aktivitasnya selama menjalani masa tahanan menjadi lebih produktif dan harapannya keahlian yang didapat ini bisa dikembangkan bila sudah bebas dari hukuman.

Kepala Lapas Kalianda, Tetra Destorie mengatakan kawasan industri ini sengaja dibangun untuk menggali kreativitas para warga binaan yang menjalani hukuman di sel tahanan. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan nantinya diharapkan dapat menjadi bekal bagi mereka untuk berwirausaha jika sudah bebas.

Selain itu, membuat kain tapis yang merupakan kerajinan tradisional juga merupakan bentuk kecintaan dan pelestarian adat budaya Lampung. Kain tapis yang sudah jadi pun dijual dengan harga mulai dari Rp20 ribu hingga Rp300 ribu.

Selain membuat kain tapis, para warga binaan juga diajarkan membuat kerajinan lainnya seperti menyablon baju dan membuat patung. Hasil penjualan kerajinan pun dimasukkan ke dalam Penerimaan Negara Bukan Pajak atau PNBP.

#lapas #kreatif #tapis



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Advertorial

Madiun Maju Mendunia | VVIP

27 April 2024, 15:37 WIB

Close Ads x