Kompas TV regional sulawesi

IRT Jadi Pemilah Sampah Demi Membantu Ekonomi Keluarga

Kompas.tv - 12 Oktober 2023, 21:25 WIB
Penulis : KompasTV Manado

MANADO, KOMPAS.TV- Demi membantu ekonomi keluarga, seorang ibu rumah tangga rela menjadi pemilah sampah plastik  di area TPA Sumompo Manado. Meski penghasilan tak menentu, ia tetap bersyukur karena bisa menopang kehidupan keluarga serta berkontribusi terhadap persoalan sampah plastik di kota Manado.

Merry Lenga adalah salah satu pemilah sampah di lapak sortir sampah plastik Kilo lima, Kelurahan Sumompo-Manado.

Selama setahun terakhir, ibu dua anak ini memutuskan untuk bekerja demi membantu perekonomian keluarganya. Sang suami juga bekerja sebagai tenaga honor petugas kebersihan di Pemerintah Kota Manado.

Tangannya terlihat terampil dan cekatan saat memilah tumpukan sampah plastik. Tiap sampah plastik disortir berdasarkan jenis yang bisa didaur ulang, seperti blowing, plastik emberan, plastik bening dan plastik warna.

Ia bekerja selama 8 jam per hari mulai Senin hingga Sabtu. Penghasilannya tak menentu, tergantung volume sampah yang disortir, namun rata-rata ia memperoleh pendapatan di atas satu juta rupiah dalam sebulan.

Di lapak penyortiran ini ada belasan pemilah sampah plastik, yang sebagian besar adalah kaum perempuan. Meski pendapatan pas-pasan, namun mereka tetap bangga karena melalui profesi ini mereka turut berkontribusi mengatasi permasalahan sampah plastik di kota Manado.

#kompastvmanado #tpasumompo #pemkotmanado

Yongke Londa Kompas tv Manado

Saksikan Siaran Kompastv :

Chanel 46 UHF

Fb : Kompastv Manado

Yt : Kompastv Manado

Alamat Studio Kompastv Manado

Jl.Anugerah No.08 Kelurahan Winangun

Kecamatan Malalayang, Kota Manado

Sulawesi Utara




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x