Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Kapolrestabes Semarang: Saya Tak Menyerahkan Uang ke Ketua KPK

Kompas.tv - 12 Oktober 2023, 12:59 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Kapolrestabes Semarang, Kombes Irwan Anwar, mengakui pernah diperiksa Polda Metro Jaya sebagai saksi kasus dugaan pemerasan oleh pimpinan KPK ke mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, saat tahap penyelidikan. Kombes Irwan Anwar juga mengakui pernah bertemu dengan Ketua KPK Firli Bahuri dan menteri pertanian, namun membantah membawa dan memberikan sejumlah uang kepada Ketua KPK Firli Bahuri.

“Saya diminta untuk menemani Pak SYL untuk menenui Pak Firli dalam rangka membangun atau membuat MOU menjerat korupsi, atau pendampingan lah dalam menjerat korups. Itu saja yang saya tahu. Pak Firli dulu adalah atasan saya ketika saya menjabat sebagai Direktur Reserse Kriminal Umum di Polda Nusa Tenggara Barat, kira-kira tahun 2017 silam. Kemudian Pak Mentan adalah paman saya, kebetulan bersaudara dengan mertua saya,” jelas Kombes Pol Irwan Anwar.

Sementara itu, Indonesia Police Watch atau IPW menyebut, Kapolrestabes Semarang Kombes Irwan Anwar bisa menjadi saksi kunci dalam kasus dugaan pemerasan yang dilakukan ketua KPK terhadap mantan menteri pertanian. Menurut Ketua IPW, Sugeng Teguh Santoso, Kapolrestabes Semarang adalah kerabat dari Syahrul Yasin Limpo dan mantan anak buah dari Firli Bahuri. Atas dasar itu, IPW menilai Kapolrestabes Semarang perlu mendapat perlindungan untuk mengungkap kasus pemerasan tersebut.

“Kombes IA adalah saksi penting, karena itu Kombes IA harus diberikan perlindungan oleh penyidik agar pemeriksaan terkait dugaan dengan pimpinan KPK dapat dibuka dengan seterang-terangnya. IPW juga menyarankan agar Kombes IA memberikan keterangan tidak dibawah tekanan,” tutur Sugeng.

Menurut Kapolda Jawa Tengah, Kapolrestabes Semarang tidak hadir di rapat koordinasi lintas sektoral pada Selasa pagi, karena memenuhi panggilan penyidik Polda Metro Jaya untuk dilakukan pemeriksaan lanjutan.

“Dia dipanggil sebagai saksi dan hari ini sudah berangkat ke sana. Kalau pemeriksaan saksi belum ya, masih secara internal dibawa ke sana,” ujar Irjen Pol Ahmad Luthfi, Kapolda Jawa Tengah.

Namun, Kapolda Jawa Tengah enggan menjelaskan secara rinci terkait materi pemeriksaan oleh Polda Metro Jaya.

#kapolrestabessemarang #syl #firlibahuri



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x