Kompas TV regional berita daerah

Mikroba PA 36 Garuda, Solusi Produktivitas Pertanian dan Peternakan di Pekalongan

Kompas.tv - 11 Oktober 2023, 17:53 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Mayor Infanteri Kabul, yang juga menjabat sebagai Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0302 Indrahulu Riau, membawa cairan mikroba saat pulang kampung ke Desa Jagung, Kecamatan Kesesi, Kabupaten Pekalongan. Cairan tersebut, yang berwarna putih susu, dicampurkan ke kolam-kolam ikan milik peternak.

 

Mikroba yang bernama PA 36 Garuda ini akan membantu mengurai mikroba lainnya dan racun-racun yang mengganggu perkembangan ikan. Akibatnya, ikan akan tumbuh sehat, ditandai dengan makan banyak dan air berubah warna kehijauan.

 

Selain untuk hewan ternak, cairan mikroba ini juga bisa digunakan untuk pertanian seperti padi, bawang merah, kelapa sawit dan lainnya. Menurut Mayor Kabul, cairan mikroba ini dibuat berawal dari keluhan petani dan peternak yang produktivitasnya berkurang.

 

Menurut Kabul, cairan mikroba PA 36 Garuda terbukti memiliki banyak manfaat bagi manusia. Tak hanya untuk pertanian, namun juga untuk ternak. Lingkungan yang tercemar limbah bisa dinetralkan menggunakan mikroba ini.

 

Kabul berharap dengan aplikasi mikroba PA 36 Garuda ini mampu meningkatkan produktivitas pertanian dan peternakan. Untuk warga yang ingin mendapatkan mikroba secara gratis bisa menghubungi Babinsa maupun pihak desa.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x