Kompas TV regional berita daerah

Pameran Replika Benda-Benda Bersejarah Zaman Rasulullah SAW di Tegal, Ratusan Warga Berkunjung

Kompas.tv - 11 Oktober 2023, 16:36 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Pameran replika benda bersejarah zaman Rasulullah SAW dan para sahabatnya digelar di Aula Rumah Sakit Islam (RSI) Harapan Anda, Kota Tegal. Pameran ini berlangsung dari akhir September dan akan ditutup pada 14 Oktober mendatang.

 

Setiap hari, ratusan warga Kota Tegal dan sekitarnya berkunjung untuk menyaksikan pameran replika benda-benda bersejarah peninggalan Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya. Pengunjung yang datang beragam, baik secara pribadi maupun rombongan.

 

Panitia penyelenggara, Edi Zamroni, mengatakan tujuan pameran ini adalah untuk mengingat kembali sejarah Baginda Nabi Muhammad SAW. Hal ini dilakukan agar pengunjung lebih mengenal dekat sosok Rasulullah dan meneladani akhlak beliau yang agung dan mulia.

 

Menurutnya, ada ratusan benda artefak yang dipamerkan, mulai dari pedang yang digunakan Rasulullah dan para sahabatnya saat berperang. Ada juga replika rambut, songkok atau imamah, dan sandal Rasulullah SAW.

 

Replika baju dan perhiasan milik putri Rasulullah SAW, Fatimah Az Zahra, serta gambar-gambar benda atau artefak bersejarah lainnya, baik yang di Mekah maupun Madinah, juga dipamerkan. Semua benda yang dipamerkan ini diperoleh dari luar negeri untuk mengedukasi para pengunjung, terutama anak-anak.

 

Salah seorang pengunjung pameran, Supriyatin, menuturkan bahwa dengan melihat pameran artefak benda-benda bersejarah, dirinya jadi tahu tentang sejarah Islam. Utamanya jejak Rasulullah dari mulai lahir sampai menjadi utusan Allah SWT sebagai Nabi terakhir.

 

Bagi masyarakat Tegal dan sekitarnya yang ingin melihat pameran benda-benda atau artefak sejarah zaman Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya ini, masih bisa datang ke Aula RSI Harapan Anda Kota Tegal. Karena pameran ini masih akan berlangsung hingga 14 Oktober mendatang.



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.