Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Unek-unek Pedagang Dekat Gunungan Sampah di Depo Kotabaru Yogyakarta

Kompas.tv - 10 Oktober 2023, 20:06 WIB
Penulis : Sunbhio Pratama

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV-  Gunungan sampah di Yogyakarta terutama di Jalan Jazuli Kotabaru memberi dampak buruk bagi pedagang di sekitarnya.

Diketahui sejatinya depo pembuangan sampah sementara ini hanya mampu memuat 15 ton sampah saja, namun sampah yang menumpuk di lokasi tersebut mencapai 60 ton.

Menurut pedagang, tumpukan sampah itu sudah tampak sejak Juni lalu. Memasuki minggu kedua di bulan Oktober ini gunungan sampah makin tinggi dan meluber ke jalanan.

Akibatnya bau tak sedap mengganggu kenyamanan warga terutama mereka yang berprofesi sebagai pedagang. Pelanggan jadi enggan untuk mampir ke warung milik mereka.

Sementara itu pembersihan telah dilakukan oleh pihak terkait. Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta menegaskan, permasalahan sampah di depo Kotabaru ini merupakan dampak dari pembatasan volume sampah yang masuk ke TPA Piyungan.

Mengacu pada aturan pembatasan volume sampah, Kota Yogyakarta hanya mendapat jatah pembuangan sampah maksimal 135 ton per hari. Jumlah tersebut tidak sesuai dengan total sampah per hari yang dihasilkan oleh masyarakat Kota Yogyakarta yang mencapai lebih dari 200 ton per hari.

Baca Juga: Hari ke-3 Pembersihan Bibir Pantai Loji, Sudah 40 Persen Sampah Berhasil Diangkut

Editor Video: Joshua Victor 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x