Kompas TV regional kalimantan

Atasi Kriris Air Bersih akibat Kemarau, PTPN Group Beri Bantuan Sumur Bor di Desa Sungai Tawar

Kompas.tv - 9 Oktober 2023, 13:51 WIB
atasi-kriris-air-bersih-akibat-kemarau-ptpn-group-beri-bantuan-sumur-bor-di-desa-sungai-tawar
PTPN Group Berikan Bantuan Sumur Bor di Desa Sungai Tawar (Sumber: PTPN Group)
Penulis : KompasTV Pontianak

JAMBI, KOMPAS.TV - Bagaikan menemukan sebuah oase di tengah gurun, inilah gambaran yang paling tepat menggambarkan situasi yang dialami warga Desa Sungai Tawar, Kecamatan Mendahara, Tanjung Jabung Timur, Provinsi Jambi. Di saat musim kemarau melanda dan sumber air bersih menjadi barang langka, ada titik terang yang datang dari PTPN VI Unit Usaha Lagan dan Kodim 0419/Tanjung Jabung.

Baca Juga: Produk NUSAKITA PTPN Group Hadir pada Pekan Raya Lampung 2023, PTPN VII Ikut Promosikan Produk Mitra

Dalam rangka kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-118, mereka hadir dan membantu mengatasi krisis air yang tengah dihadapi warga dengan membuat sumur bor. Saat matahari terik menyengat, dan tanah gambut di Desa Sungai Tawar semakin kering, banyak sungai dan sumur warga yang tak lagi mengalir. "Beberapa sumber air kami menjadi kering dan tidak lagi layak konsumsi," ungkap Kepala Desa Sungai Tawar, Junaidi, pada Rabu (4/10/2023).

Namun, dengan kehadiran sumur bor berkedalaman 120 meter yang dibuat oleh PTPN VI dan TNI, kehidupan warga mulai berubah. Air yang dulunya seakan menjadi barang langka, kini mengalir dengan lancar dan telah menjadi penyelamat bagi banyak keluarga di desa tersebut.

"Alhamdulillah, kini air bersih sudah bisa kami nikmati setiap hari," kata Kepala Desa Sungai Tawar.

Bukan hanya untuk keperluan rumah tangga, sumur bor ini juga menjadi sumber air bagi Masjid desa, tempat beribadah dan berkumpulnya warga.

Baca Juga: PT SPMN Lakukan Pengembangan Usaha Relokasi Klinik Sri Pamela Sei Dadap

Sebagai bentuk kepedulian lainnya, PTPN VI juga memberikan bantuan berupa pembangunan tempat mandi, cuci, dan kakus (MCK) untuk warga desa. "Semua fasilitas ini dibiayai dari dana Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) PTPN VI," ujar Manager PTPN VI Unit Usaha Lagan, Nazarsyah Hutagalung.

Kades Junaidi berencana menggandeng Lembaga Masyarakat Desa (LMD) untuk mengatur distribusi air bersih ini, termasuk ke masjid desa untuk wudhu jamaah. Sebuah langkah yang diharapkan bisa memberikan manfaat yang merata bagi warga Desa Sungai Tawar.

Dengan bantuan ini, di tengah gurun kemarau yang panjang, Desa Sungai Tawar kini menemukan oasenya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x