Kompas TV regional berita daerah

Budidaya Ikan Capungan Banggai di Teluk Lalong

Kompas.tv - 8 Oktober 2023, 14:34 WIB
Penulis : KompasTV Palu

BANGGAI, KOMPAS.TV - Ikan Capungan Banggai atau umumnya dikenal dengan Ikan Cardinal, kini spesiesnya masuk dalam kategori terancam. Menjaga populasinya , warga di Teluk Lalong mencoba melestarikannya di perairan dangkal Teluk Lalong.

Cardinal Fish atau Ikan Capungan Banggai merupakan ikan capungan tropis kecil yang hidup di perairan dangkal Sulawesi. Ikan ini diketahui masuk dalam spesies terancam karena sering diburu untuk dijadikan ikan hias.

Untuk menjaga populasinya, Gabungan Aktifis Manthailobo (GAM) Banggai mulai melakukan budidaya ikan Cardinal Banggai. Para aktivis lingkungan ini memindahkan habitatnya ke Teluk Lalong. Landak laut atau bulu babi ikut dipindahkan karena menjadi habitat dan perlindungan dari ikan Capungan Banggai.

Ikan ini tersebar di perairan dangkal wilayah timur ke utara pulau Sulawesi. Ketua Gabungan Aktifis Manthailobo (GAM) Banggai Lahmuddin Massa bilang di tempat lain sulit melihat langsung ikan capungan Banggai. Olehnya beberapa ekor ikan kecil ini di rawat di akuarium dan juga sebagai pajangan untuk tamu yang ingin mengetahui bentuk Cardinal Fish Banggai.

Warga Kabupaten Banggai Akli Suong mengaku bangga masih ada yang melestarikan Ikan Capungan Banggai. Ikan itu pun sering dijadikan ikon kota banggai bahkan sampai dibuatkan batik dengan motif Ikan Cardinal Banggai.

Budidaya Ikan Capungan ini mendapat dukungan dari instansi terkait. Rencananya, di ruang terbuka hijau Teluk Lalong  akan dibuat akuarium besar dan di dalamnya akan dibudidaya ikan Capungan Banggai.

#CardinalFish #TerancamPunah #TelukLalong 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x