Kompas TV regional berita daerah

Pengrajin Souvenir Eboni

Kompas.tv - 8 Oktober 2023, 14:15 WIB
Penulis : KompasTV Palu

POSO, KOMPAS.TV - Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah terkenal dengan kayu hitam atau eboni. Kayu keras ini dapat diolah menjadi banyak macam souvenir berkualitas tinggi. Peminatnya pun dari berbagai daerah di Indonesia.

Salah satu kerajinan berbahan utama kayu hitam atau eboni ini mudah ditemukan di Kota Poso, Sulawesi Tengah karena lokasinya strategis di jalan Pulau Kalimantan, namanya Ebony Handycraft.

Pesanan dari pelanggan dikerjakan Mulyono bersama satu rekannya. Proses produksi sudah menggunakan mesin bertenaga listrik seperti memotong eboni dan menghaluskan. Untuk mengukir, menggunakan pahat. Kayu yang diolah harus dipastikan sudah kering karena eboni mudah retak bila diolah.

Selanjutnya dilakukan pemahatan mengikuti pola, pemahatan dilakukan dengan hati-hati dan silih berganti mata pahat yang digunakan sesuai garis pola dan hasil yang diinginkan. Mata pahat harus benar-benar tajam karena jenis kayu keras.

Menurut pemilik usaha, Senang Joyo Dimejo, kerajinan souvenir eboni dimulai tahun 2000. Bersama beberapa rekannya, senang melihat adanya peluang pengembangan usaha karena mulai banyak diminati masyarakat.

Hasil kerajinan yang dikelolanya banyak menarik perhatian dari berbagai penjuru daerah di Indonesia. Produk yang paling diminati adalah papan nama, plakat dan jam dinding.

Beragam hasil kerajinan ditata rapi dalam etalase, ada jam dinding, hiasan dinding, tongkat komando, miniatur mobil, guci dan masih banyak lainnya. Harga tentu bervariasi sesuai dengan tingkat kesulitan dan proses produksinya.

Penghargaan upakarti sendiri bertujuan meningkatkan kesadaran dan mendorong prakarsa masyarakat dan sebagai bentuk apresiasi dan motivasi kepada seseorang, lembaga, organisasi, perusahaan atau pemerintah daerah yang berpartisipasi aktif dalam pembangunan dan pemberdayaan industri kecil dan menengah.

#KerajinanKayuHitam #Ebony #Handycraft 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x