Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Malam Ini Ada Wayang Jogja Night Carnival di Tugu Yogyakarta, Berikut Rekayasa Lalu Lintasnya

Kompas.tv - 7 Oktober 2023, 08:17 WIB
malam-ini-ada-wayang-jogja-night-carnival-di-tugu-yogyakarta-berikut-rekayasa-lalu-lintasnya
Foto arsip. Suasana Wayang Jogja Night Carnival (WJNC #7) yang dipenuhi penonton di kawasan Tugu Yogyakarta, Jumat (7/10/2022) malam. (Sumber: Kompas.tv/Kiki Luqman)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Edy A. Putra

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah Kota Yogyakarta akan menggelar Wayang Jogja Night Carnival (WJNC) #8 di Tugu Pal Putih, malam ini, Sabtu (7/9/2023) pukul 18.30 WIB.

Pertunjukan seni peran untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-267 Kota Yogyakarta kali ini mengangkat tema wayang "Pandawa Mahabisekha".

Bagi masyarakat yang ingin menonton pertunjukan ini namun tak ingin berdesak-desakan, Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta menyediakan tribune penonton berbayar di sisi barat Jalan Margo Utomo. 

Akan tetapi, sebagian masyarakat tetap bisa menyaksikan kemeriahan WJNC secara gratis di ruas jalan area sekitar Tugu Pal Putih Yogyakarta.

Baca Juga: Wisata Kuliner di Yogyakarta, Coba Mi Ayam Viral Ini: Jenis Kuah Kental sampai Porsi Brutal

Rekayasa Lalu Lintas di Yogyakarta Hari Ini

Lokasi penyelenggaraan Wayang Jogja Night Carnival yang berada tepat di area Tugu Yogyakarta yang merupakan persimpangan antara Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Pangeran Diponegoro, Jalan Mangkubumi, dan Jalan A. M. Sangaji itu membuat kepolisian perlu melakukan rekayasa lalu lintas.

Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) Kepolisian Resor Kota (Polresta) Yogyakarta AKP Maryanto mengungkapkan, selain menutup simpang Tugu Jogja, pihaknya juga akan menutup beberapa jalan, yakni Jalan Cik Ditiro, Jalan C Simanjuntak, dan Jalan Mangkubumi.

Baca Juga: Wayang Jogja Night Carnival Meriahkan Puncak Perayaan HUT Yogyakarta ke-266

"Ada penutupan jalan sementara dan akan ada pengalihan arus yakni di Simpang Gramedia Jenderal Sudirman, Simpang Jetis, Terban dan Simpang Pingit," kata AKP Maryanto, Jumat (6/10/2023).

Dia menjelaskan, pengalihan arus lalu lintas ini bersifat situasional mengikuti jalannya rangkaian event HUT Kota Yogyakarta ke-267.

Ia pun mengimbau masyarakat yang tidak berkepentingan untuk menghindari jalan-jalan tersebut.

"Kami juga sampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan ini," terangnya.

Baca Juga: Lokasi Kuliner Yogyakarta dengan Suasana Pedesaan Bagai di Rumah Nenek, Ada Pecel hingga Mangut Lele

Pihak kepolisian juga sudah menyiapkan jalur-jalur alternatif serta menempatkan personel-personel untuk mengarahkan kendaraan bermotor.

"Dari utara, silakan melalui Jalan Magelang dan Jalan Gejayan bagian selatan, dari arah timur menuju Kota Yogyakarta bisa masuk melalui Gedongkuning dan lanjut ke Kusumanegara," terangnya, dilansir dari Kompas.com.

Sedangkan dari arah barat, pihaknya akan mengupayakan pengendara untuk masuk di Jalan Wates.


 



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x